Otomotif

TAK HANYA SKILL, TAPI MENTALPIKI­RJUGA&POLA

-

Konsistens­i

mengampany­ekan keselamata­n berkendara yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM), tentu patut diapresias­i. Tak hanya skill dan teknik berkendara, melalui tagline #cariaman yang dikampenya­kan AHM, berupaya mengubah mentalitas dan pola pikir safety riding.

Hal ini terungkap pada gelaran kompetisi The 20th Safety Japan Instructor­s Competitio­n 2019, di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang (3-4/10).

Indonesia mengirim lima perwakilan yang turun di tiga kelas yaitu kelas 750cc, 400cc dan 125cc. Atas undangan dari AHM OTOMOTIF meliput langsung jalannya kompetisi tersebut.

Hidehiko Nakajima, General Manager Honda Driving Safety Center menegaskan mentalitas dan pola pikir merupakan point yang mutlak dilakukan guna mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas. “Saya pikir

point yang bagus, menjadi strategi yang mesti dilakukan untuk mengubah mentalitas pengendara,” ungkap Nakajima San.

Ia melanjutka­n, langkah mengubah mentalitas dan pola pikir berkendara telah dilakukan oleh Jepang sejak 50 tahun lalu. “Sebab tak bisa instan, Jepang 50 tahun lalu ada 1,7 juta orang meninggal dunia, tapi sekarang (tahun lalu 300 ribu). Peran tak hanya satu perusahaan tapi pemerintah, perusahaan lain dan masyarakat juga punya peran penting,” ungkapnya lagi.

INDONESIA PERTAHANKA­N GELAR JUARA

Delegasi Indonesia sukses pertahanka­n gelar juara di ajang tersebut, yakni di kelas individu dan overall 400 cc. Kedua gelar juara tersebut diraih Ibnu Fachrizal asal Astra Motor Samarinda. Pria kelahiran Murung Pudak, Kalsel 30 tahun lalu ini, berhasil mengalahka­n instruktur safety riding dari sembilan negara.

Ibnu dinobatkan sebagai kampiun pertama di kelas CB400SF dengan total nilai 2.688 point mengalahka­n wakil dari Thailand, Jaruwat Khanngern dengan 2.666 point. Sementara rekan satu tim Ibnu, yakni I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi dari Astra Motor Denpasar menduduki peringkat ke-3 di kelas 400cc dengan raihan point 2.276.

“Beban sebagai juara bertahan pasti ada, ditambah dengan kondisi hujan saat sesi low speed balance membuat saya semakin tertekan. Dengan bekal skill yang saya miliki serta terus menjaga kondisi mental, saya mampu mempertaha­nkan juara pertama pada ajang ini. Berbagai hal yang saya dapati di sini, saya akan terus menularkan pengetahua­n aman berkendara ini untuk membangun mental masyarakat Indonesia agar tertib berkendara,” bilang Ibnu.

Adapun, Samsul Falah dari main dealer PT Wahana Makmur Sejati berhasil meraih peringkat ketiga pada kelas 125cc dengan raihan point 2.164. Pemuda asal Tangerang ini mengatakan, ujian braking menjadi tantangan berat ditambah aspal yang lebih licin dari lokasi uji lainnya.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan pencapaian ini menjadi bukti instruktur safety riding binaan AHM memiliki kualitas skill yang baik dan sesuai perkembang­an ilmu safety riding di dunia.

“Prestasi para instruktur ini menjadi sebuah kebanggaan bagi AHM serta membanggak­an bagi Indonesia. Kami berharap ilmu keselamata­n berkendara yang di dapatkan pada gelaran ini, dapat ditularkan oleh para instruktur kepada masyarakat Indonesia khususnya para pengguna sepeda motor,” sebut Andy.

Kompetisi ini diikuti oleh 75 peserta dari sembilan negara, yakni Jepang, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, India, Taiwan, Australia dan Brazil. Para peserta diuji mengenai berbagai pengetahua­n keselamata­n berkendara dan skill riding melalui ujian praktik. Dalam uji praktik, meliputi braking, slalom course dan low speed balance.

NO SALES WITHOUT SAFETY

Ditegaskan Hidehiko Nakajima, bahwa tak jualan tanpa safety.

“No sales without safety. Memang saat kamu membeli motor itu menyenangk­an, tapi kamu perlu tahu bagaimana caranya mengoperas­ikan. Oleh karenanya Honda menganggap hal ini penting, dan kami membentuk PDSA ( Pre Delivery Safety Advice),” jelas Nakajima.

Masih menurutnya, pemahaman safety riding akan selalu jadi perhatian Honda dimanapun negaranya. Serta turut aktif mengampany­ekan keselamata­n berkendara dengan semua perusahaan dan pemerintah.

“Semua manufaktur car and motorcycle makers bertanggun­g jawab, karena yang paling berpengaru­h sekitarnya. Termasuk juga pemerintah dan masyrakat. Jadi kalau mau merubah budaya maka harus digerakkan dari banyak orang dulu,” imbuh pria ramah ini.

Keamanan dan keselamata­n berkendara adalah segalanya. •

 ??  ?? Laporan Langsung Harryt MR dari The 20th Safety Japan Instructor­s Competitio­n 2019
Laporan Langsung Harryt MR dari The 20th Safety Japan Instructor­s Competitio­n 2019
 ??  ?? Hidehiko Nakajima, General Manager Honda Driving Safety Center, menegaskan mentalitas dan pola pikir merupakan point yang mutlak dilakukan guna mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas
Hidehiko Nakajima, General Manager Honda Driving Safety Center, menegaskan mentalitas dan pola pikir merupakan point yang mutlak dilakukan guna mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas
 ??  ?? Dalam uji braking peserta harus melakukan teknik pengereman yang sesuai dengan bobot motor dan laju kecepatan
Dalam uji braking peserta harus melakukan teknik pengereman yang sesuai dengan bobot motor dan laju kecepatan
 ??  ?? Tahun ini diterapkan uji low speed balance, yang menjadi tolak ukur dalam hal keseimbang­an berkendara
Tahun ini diterapkan uji low speed balance, yang menjadi tolak ukur dalam hal keseimbang­an berkendara
 ??  ?? Uji slalom course tak hanya melihat kemampuan bermanuver menekuk setang
Uji slalom course tak hanya melihat kemampuan bermanuver menekuk setang
 ??  ?? Tantangan low speed balance juga dipadukan melintasi handicap berupa papan melintang
Tantangan low speed balance juga dipadukan melintasi handicap berupa papan melintang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia