Otomotif

BEDA HONDA SONIC & SUPRA GTR150

- konsultasi.r2@gmail.com :AANT ASUHAN

Selamat siang dan salam sejahtera Bung Aant. Mau tanya beda spek teknis dan masuk ke segmen pemasaran mana antara Honda Supra GTR 150 dan Honda Sonic?

Terima kasih penjelasan­nya dan maju terus Tabloid Otomotif. Kristanto - Via email

Selamat siang dan salam sejahtera juga Mas Kristanto. Beda spek teknis antara Honda Sonic 150R dan Supra GTR150 tentu cukup banyak, kita lihat dari yang general aja ya.

Pertama mesin, secara basis persis satu silinder 149,2 cc DOHC 4 katup berpending­in cairan, injeksi, transmisi 6 percepatan. Bedanya sedikit di bagian intake manifold dan seting ECU, yang membuat Supra punya tenaga dan torsi sedikit lebih besar dibanding Sonic. Tapi bedanya memang sangat tipis, susah dibedakan oleh orang awam, kecuali didyno maka angka terlihat ada beda walaupun secara karakter sama.

Beda spek lainnya dari kaki-kaki, jelas Supra menerapkan suspensi depan layaknya sebuah underbone atau bebek yang pakai jenis teleskopik pendek, sedangkan Sonic layaknya motor sport yang model panjang. Bannya Supra berukuran lebih lebar, depan 90/80-17 dan belakang 120/70-17, Sonic cuma 70/90-17 dan 80/90-17. Maka wajar jika bobot Supra lebih berat dari Sonic, 119 kg vs 114 kg.

Nah bagaimana dengan perbedaan segmen keduanya? Supra GTR150 ditujukan buat penggemar bebek yang suka turing jauh, dan juga lelaki yang secara umur lebih matang. Sementara Sonic 150R lebih buat penggunaan dalam kota, karena karakterny­a yang lebih lincah, dan secara usia yang lebih muda atau berjiwa muda makanya secara tampilan lebih sporty. Gitu Mas Kris!

 ??  ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia