Otomotif

Best of KUSTOMFEST 2019

-

Gelaran Kustomfest 2019 yang bertajuk Back To The Roots, berlangsun­g di Jogja Expo Center, Yogyakarta (5-6/10). Pada kategori Best Kustom Bike Show yang merupakan kategori tertinggi, jatuh pada motor berbasis Harley-davidson garapan Kedux Garage asal Bali.

“Konsep modifikasi­nya bobber dengan Shinya Kimura style sesuai permintaan pemilik motor. Namun karena saya juga mengidolak­an Shinya

Kimura, akhirnya jadi semangat untuk garapnya,” buka Komang Gede Santana Putra builder dari Kedux Garage.

Waktu yang dibutuhkan agar dapat hasil sempurna memakan waktu lama, “Sketch awal sudah dari 2017. Lalu mulai garap di awal tahun dan baru selesai kemarin 1 hari sebelum Kustomfest,” ceritanya.

Bagian rangka jadi fokus utama agar mendapatka­n ciri khas dari Shinya Kimura, “Cirinya adalah sudut rake yang centang, makanya sempat ragu karena beresiko motor jadi gak enak. Namun akhirnya memberanik­an diri dan menemukan solusinya, yaitu sudut belok dibuat sedikit saja, karena kalau sudut belok lebar pasti susah dikendalik­an terutama saat belok patah setang jadi berat,” rinci Kedux, sapaan builder ini.

Setelah rangka besi custom rigid bergaya Gooseneck buatan Kedux Garage selesai, pengerjaan pun berlanjut ke sektor lain. Untuk

kesan bobber sepasang ban tebal pun dipasang. Bagian depan menggunaka­n pelek lebar 2.50x19 inci berbalut ban Firestone 4.00-19, sedang belakang 3.00x16 inci dengan ban Firestone 5.00-16.

“Bagian depan pakai suspensi springer dari Zero Engineerin­g, ini untuk kejar klasiknya. Bagian setang custom dibuat simpel, tapi bikinnya sampai ngulang 3 kali untuk mencari posisi yang pas, hahaa…” kekeh pria ramah ini.

Lanjut detailnya yang dibuat serapi mungkin dengan teknik

handmade. Ada beberapa part yang dibuat dengan proses casting, berkat kerjasama Kedux dengan seniman David Stone dari Mojokerto. “Seperti bagian pelindung knalpot, dudukan emblem di tangki dan cover karburator dibuat dengan casting,” tunjuknya.

Tangki bensinnya dibuat rendah lengkap dengan emblem Harley-davidson di kedua sisinya, “Lalu di atasnya ada kunci kontak juga lampu indikator neutral dan oil indicator,” sambung builder yang workshop- nya ada di Jl. Nangka Gang 2 No.7, Denpasar, Bali.

Untuk dapur pacunya menggunaka­n mesin dari S&S tipe Pan Shovel 93 CI, berkonstru­ksi V-twin dengan kapasitas 1.530 cc, dikombinas­i gearbox Baker 6 speed in to four dengan primary BDL custom by Kedux Garage. “Ini termasuk mesin baru. Jadi finishing motor kombinasi chrome dan polish mengikuti warna mesin,” tutup Kedux sambil menyebut kalau ditotal biaya modifikasi­nya mencapai Rp 600 juta.

Selamat bli! •

 ??  ??
 ?? FOTO: ISTIMEWA ?? mendapatka­n BIAYA MENCAPAI RP 600 JUTA Suspensi depan menggunaka­n springer dari Zero Engineerin­g untuk kejar klasik
FOTO: ISTIMEWA mendapatka­n BIAYA MENCAPAI RP 600 JUTA Suspensi depan menggunaka­n springer dari Zero Engineerin­g untuk kejar klasik
 ??  ?? Setang terlihat simpel namun pengerjaan­nya diulang 3 kali agar mendapat bentuk yang diinginkan
Setang terlihat simpel namun pengerjaan­nya diulang 3 kali agar mendapat bentuk yang diinginkan
 ??  ?? Bagian atas tangki juga dibuat casting, ada indikator neutral & oil indicator serta kunci kontak
Bagian atas tangki juga dibuat casting, ada indikator neutral & oil indicator serta kunci kontak
 ??  ?? Cover karburator dibuat dengan proses casting lengkap bertuliska­n Kedux Garage
Cover karburator dibuat dengan proses casting lengkap bertuliska­n Kedux Garage
 ??  ?? Mesinnya V-twin dari S&S Pan Shovel 93 CI berkapasit­as 1.530 cc, blaarrr…
Mesinnya V-twin dari S&S Pan Shovel 93 CI berkapasit­as 1.530 cc, blaarrr…
 ??  ?? Bagian belakang rigid dengan ban tebal 5.00-16 untuk kejar kesan bobber
Bagian belakang rigid dengan ban tebal 5.00-16 untuk kejar kesan bobber
 ??  ?? gang! Kedux and the
gang! Kedux and the

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia