Otomotif

AVANTECH & FORTIS

-

Selain Torsion, ada lagi pelek buatan dalam negeri lainnya, yaitu Avantech dan Fortis. Keduanya berada di bawah naungan Pako Group.

Pako Group sendiri sudah memproduks­i pelek alloy sejak tahun 1976. Fokus utama sebenarnya produksi pelek untuk mobil baru atau OEM. Namun kini Pako Group mengembang­kan usahanya merambah pasar aftermarke­t.

Menurut Anthony Chandra, Marketing Supervisor- nya, “Karena basisnya merupakan perusahaan wheel manufactur­e yang support OEM, sehingga secara kontrol produksi dilakukan hingga pengetesan yang sama dengan standar OEM. Namun dengan beberapa penyesuaia­n tergantung segmen yang disasar.”

Untuk merek Avantech, dirancang mengisi segmen mobil berjenis off-road, dengan model steel wheel alias pelek kaleng. Total sudah ada 15 model dengan masing-masing ukuran mulai dari 15 hingga 18 inci. Avantech tersedia untuk mobil berspek PCD 5x114,3, 6x114,3, 6x139,7, 5x139,7, 5x127 hingga 5x150.

Sedangkan merek Fortis adalah pelek alloy yang dirancang mengisi segmen mobil passenger car seperti city car, LCGC, hatchback, MPV hingga SUV. Ukuran pun lebih variatif, dari 16 inci hingga 20 inci.

Soal kualitas, Anthony mengklaim tak perlu diragukan, lantaran kualitasny­a sama dengan produk pelek OEM yang diproduksi di pabriknya.

Harga juga disebut sangat bersaing, “Untuk pelek Avantech dijual mulai Rp 950 ribu hingga 1,7 juta per buah atau sekitar Rp 3,8-7 jutaan per set. Sedangkan Fortis, kisaran harga antara Rp 3,8 jutaan hingga Rp 10 jutaan,” kata Anton. •

 ??  ?? Cukup banyak pilihan model pelek Fortis, lengkap dari 15 hingga 20 inci Pelek kaleng Avantech dengan banyak pilihan warna, jadi alternatif bergaya dengan pelek kaleng berkualita­s FOTO:ISTIMEWA
Cukup banyak pilihan model pelek Fortis, lengkap dari 15 hingga 20 inci Pelek kaleng Avantech dengan banyak pilihan warna, jadi alternatif bergaya dengan pelek kaleng berkualita­s FOTO:ISTIMEWA
 ??  ?? Pelek produk dalam negeri, kualitas klaim berani diadu dengan produk impor
Pelek produk dalam negeri, kualitas klaim berani diadu dengan produk impor

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia