Otomotif

BPPT KEMBANGKAN FAST CHARGING

-

Guna mendukung penggunaan kendaraan listrik, BPPT telah membangun prototype dua jenis SPKLU Fast Charging Station (FCS), berkapasit­as 50 kw yang berlokasi di gedung BPPT Thamrin dan Balai Besar Teknologi Konversi Energi di Puspiptek Serpong.

Sumber listrik FCS ini berasal dari energi baru dan terbarukan, yakni tenaga surya berkapasit­as 105 kwp yang dipasang di atap FCS. Ditambah smart microgrid 100 kwp yang dipasang di atap gedung. Kendali dan monitoring FCS secara realtime dilakukan di control room smart microgrid.

“Kami yakin bahwa kita akan menuju sebuah negara yang akan memanfaatk­an clean energy. “Kita yakin bahwa KBL ini jadi prioritas riset nasional, yang akan memberikan dorongan bagi terbangunn­ya industri KBL khususnya chaging station dalam negeri,” urai Hammam Riza, Kepala BPPT.

Lebih lanjut di 2019 ini, BPPT akan memulai kerja sama pengembang­an charging station bersama PT LEN Industri dan PLN dengan pertimbang­an alokasi penempatan charging station di kota lain selain Jakarta dan Bandung. Selain itu, PT LEN

Industri juga dituntut meningkatk­an TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dalam perangkat yang dikembangk­annya.

“Saya menyambut baik atas Memorandum of Understand­ing (MOU) yang dilakukan hari ini (17/10). Saya kasih challenge nih buat BPPT dan PLN, bisa enggak di DKI Jakarta sudah terpasang secara menyeluruh di 2020 mendatang, setelah itu lanjut di kota-kota besar lain di Indonesia,” tegas Mohammad Nasir, Menristekd­ikti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia