Otomotif

KIPRAH PERTAMA & PERFORMA

-

Suzuki Karimun Wagon R diluncurka­n di Indonesia sejak bulan September 2013. Model ini diproduksi di dalam negeri, yakni di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi.

Mobil ini hadir dengan 3 tipe: GA sebagai standar, GL, dan GS. Sempat ada model GX dan Dilago (GL dengan aksesori), namun umurnya tak berlangsun­g lama (hanya sampai 2014).

Secara desain wajah, varian GS berbeda dibandingk­an varian lainnya. Ia punya headlamp, grill dan bumper yang berbeda.

Karimun Wagon R mengusung mesin K10B berkapasit­as 1.000 cc dengan 3 silinder. Saat OTOMOTIF melakukan pengetesan di tahun 2013, konsumsi bahan bakar saat kecepatan konstan dapat meraih angka 1 liter mencapai 22,2 kilometer, sedangkan untuk konsumsi dalam kota 1 liter mampu mencapai 16,5 kilometer.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, menggunaka­n transmisi manual mencatat 13,3 detik. Sementara itu, untuk jarak 402 meter, dicatat 18,9 detik.

Meski demikian, respons ketika berada dalam kemacetan cukup baik. Injak gas tak perlu terlalu dalam jika hanya ingin berpindah jalur saja. Koplingnya juga enteng, sehingga tak perlu berkeluh kesah kalau kaki kiri pegal.

Berdasar data tersebut, Karimun Wagon R ini cocok bagi konsumen yang tinggal di daerah penyangga ibukota dengan kondisi lalu lintas dan jalan tidak pernah bisa ditebak.

Ukuran bodi lebih kecil dari Karimun ‘Kotak’, ruang bagasinya juga terbatas. Di sisi lain memberi keuntungan, ia mampu berada di tengah-tengah kepadatan lalu lintas tanpa perlu memakan ruang terlalu banyak.

Sementara itu, untuk suspensi juga baik. Untuk kendaraan perkotaan, bantingan yang dihasilkan Karimun generasi terbaru ini cukup baik. Sehingga, ketika berada di jalan gelombang sekalipun, gerak mobil masih dapat ditebak dengan baik.

Demikian juga dengan handling- nya yang tergolong baik. Putaran lingkar kemudi tergolong enteng. Sehingga tak menyulitka­n dan melelahkan saat lalu lintas padat.

Penggunaan suspensi sistem Macpherson Srut dengan coil spring di depan dan 3 link rigid juga dikombinas­i coil spring di belakang, membuat Karimun Wagon R terasa nyaman melibas jalanan di Ibu Kota.

O iya, lingkar roda Karimun Wagon R tipe GL punya ukuran 13 inci serta ban yang tergolong ramping. Sedangkan tipe GS sudah menggunaka­n pelek 14 inci dan ban 175/65R14.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia