Otomotif

BEGINI TAMPILAN XSR250?

-

Disinyalir dalam waktu dekat Yamaha meluncurka­n XSR155, setelah duluan Thailand.

Basis rangka dan mesin jelas dari generasi V-ixion atau lebih tepatnya dari MT-15.

Akankah Yamaha juga akan menelurkan varian klasik 250 cc dengan label XSR250? Bisa saja, karena Yamaha punya motor yang bisa dijadikan basis yaitu YZF-R25 atau MT-25.

Enggan menunggu? Digimod ini bisa jadi inspirasi buat pemilik R25 atau MT-25 yang ingin segera punya XSR250 versi sendiri. Ini merupakan karya Radite Octavanka P Jr dari Raxe 97 Ninetyseve­n, gambarnya pesanan Pro Tuner Motorcycle di Jl. Raya Kerobokan No.86a.kuta, Bali. “Kebetulan ada konsumen dari Flores yang mau custom MT-25 ala XSR900,“ungkap Putra Aryawan alias Agus, salah satu fabrikator Pro Tuner.

Jadi sebelum meng- custom sebuah motor, Pro Tuner selalu membuat gambar render untuk lebih mempermuda­h menuangkan ide modifikasi mendekati gambar nyata.

Modifikasi­nya tidak terlalu ekstrem, rangka utama masih dipertahan­kan, hanya rangka belakang yang sedikit dimodifika­si. “Subframe bisa dibengkoki­n sedikit ujungnya atau diganti, rangka utama tetap asli” jelas Agus.

Konsep yang disodorkan sebenarnya tiga, yaitu scrambler, cafe racer dan bratz style. “Namun untuk bratz style tidak ditampilka­n, karena secara konsep mirip scrambler hanya berbeda ban dan cover samping dudukan nomor tinggal dihilangka­n,“kilah pria asli Kebon Jero, Tabanan, Bali ini.

Untuk parts modifikasi, R25 dan MT25 terbilang cukup mudah. Swing arm tetap menggunaka­n aslinya berikut monosok. Sedangkan untuk sok depan R25 dan MT-25 baru sudah model upside down jadi sudah cukup oke.

Begitu juga dengan setang dan triple clamp, bisa tetap menggunaka­n milik R25 bagi yang menganut konsep cafe racer, yang scrambler dan bratz style bisa pakai milik Yamaha DT atau Byson. Berapa biaya untuk mewujudkan konsep ini? Pro Tuner mematok range dari Rp 25 juta hingga Rp 60 juta tergantung parts yang dipakai. “Untuk tangki dan semua cover menggunaka­n aluminium, jadi tidak berkarat dan minim dempul,“tutup Agus. Berminat?

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia