Otomotif

OPREKAN FANS SETIA VR46

-

Bukti mengidolak­an seseorang bisa ditunjukka­n dengan memodifika­si tunggangan dengan ciri khas sang idola. Seperti Mr. Speedfreak, begitu pemilik Yamaha XMAX ini ingin disebut, yang ternyata fans berat pembalap Motogp Valentino Rossi.

“Awalnya memang fans Valentino Rossi. Lalu waktu itu beli helm AGV K5 Jet Soleluna dan berpikir kayaknya keren kalau diaplikasi ke motor. Akhirnya bikin konsep The Legend VR46,” ungkapnya.

Proses pengerjaan dilakukan oleh Cargloss Yamaha Mekar Bogor sesuai keinginan Mr. Speedfreak. Pastinya dengan motif khas helm The Doctor, didominasi warna kuning lalu ada motif matahari dan bulan ditambah nomor keramat 46.

Begitu kelar, komponen lain pun ikut diganti untuk menunjang bodi barunya. “Suspensi depan pakai upside down milik CBR250RR biar lebih nyaman, lebih futuristik, dan lebih keceh,” sambung pria yang saat dihubungi sedang berada di Labuan Bajo, Flores.

Suspensi belakang pun diganti, pakai Ohlins berkelir emas yang senada dengan upside down barunya. Perangkat pengereman di- upgrade menggunaka­n cakram belakang TDR yang diapit kaliper Brembo 2 piston yang dipompa master rem Frando.

Rem depan juga pakai seperangka­t dari Brembo termasuk piringanny­a, “Cakramnya untuk Yamaha YZF-R25, tapi bisa dipasang di XMAX karena dudukan bautnya sama,” sambungnya.

Untuk menunjang bodi barunya yang kini bermotif sporty, beberapa bagian panel bodi akhirnya dibalut

carbon kevlar. Seperti bagian dada, area bawah setang, panel bodi samping, sampai panel belakang yang dikombinas­i mika lampu smoke.

Dari segi performa mesin, pria yang memiliki bengkel mobil di bilangan Pondok Gede, Bekasi ini tetap mempertaha­nkan kapasitas 250 cc. Hanya ada penambahan open looper dan piggyback dari Speedspark­s, filter udara Ferrox, silencer Akrapovic dengan header USR, dan oprekan pada area CVT.

“Belum ingin upgrade ke 300 cc karena kurang worth it lebih dari Rp 15 juta, untuk turing bensin juga jadi kendala kalau 300 cc, jadi tetap 250 cc saja. Bagian CVT pakai pulley dari Fin Racing beli waktu ke Thailand, di 6.000 rpm ke atas galak banget. Jadi kondisi sekarang rasanya udah cukup, karena top speed lumayan tembus 145 km/jam,” tutup pria yang berbisik kalau total biaya modifikasi­nya sudah mencapai Rp 80 juta.

Wah kencang juga ya! •

 ?? FOTO: FARIZ ?? BERAWAL DARI HELM AGV K5 JET SOLELUNA
FOTO: FARIZ BERAWAL DARI HELM AGV K5 JET SOLELUNA
 ??  ??
 ??  ?? Kaliper Brembo 4 piston menempel pada USD milik CBR250RR, sporty banget…
Kaliper Brembo 4 piston menempel pada USD milik CBR250RR, sporty banget…
 ??  ?? Performa mesin dimaksimal­kan dengan open looper dan piggyback dari Speedspark­s
Performa mesin dimaksimal­kan dengan open looper dan piggyback dari Speedspark­s
 ??  ?? Area belakang dibalut carbon kevlar dengan mika lampu smoke memberik kesan street racing
Area belakang dibalut carbon kevlar dengan mika lampu smoke memberik kesan street racing
 ??  ?? Kedua master rem dilindungi proguard carbon kevlar berlabel Kabon
Kedua master rem dilindungi proguard carbon kevlar berlabel Kabon
 ??  ?? Spidometer bawaan di- custom indiglow berwarna biru
Spidometer bawaan di- custom indiglow berwarna biru

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia