Otomotif

SCRAMBLER NYAMAN

-

Kesan pertama naik Kawasaki W175 Cafe, ternyata “menuntun” Suhermanto menuju bengkel modifikasi. “Pas coba sekali katanya posisi riding- nya bikin pegel, makanya dibawa ke sini untuk dirombak jadi scrambler agar nyaman buat harian,” buka Yustinus Erwan Santoso, punggawa Insan Motor yang dituju Suhermanto.

Ubahan yang dikerjakan oleh Insan Motor dimulai dari membenahi bagian haluan. “Sok depan diganti upside down dari Scarlet Racing, pemasangan­nya tinggal menyesuaik­an bagian as komstir saja,” ungkap pria yang akrab disapa Iyus ini.

Biar lebih nyaman, setang diganti dengan model trail kepunyaan Suzuki TS125 yang cukup tinggi dan lebar, sehingga posisi duduk jadi lebih santai.

Di depannya terpasang headlamp baru jenis LED dari Daymaker berukuran 7 inci, dimensinya lebih kompak jika dibanding bawaan W175, hasilnya area ini jadi terlihat lebih padat.

Selesai membenahi bagian depan, pindah ke area kaki-kaki belakang. Swing arm bawaan pabrik diganti lengan ayun custom berdimensi lebih lebar untuk mengakomod­ir ban berprofil besar. Bahannya pipa bulat jadi menguatkan kesan klasik. “Bahannya pipa seamless 2 mm dengan ukuran yang lebih panjang 5

MODIFIKASI BERAWAL DARI KESAN PERTAMA

cm dari standarnya,” rinci Iyus. Lingkar roda menggunaka­n pelek V-rossi berukuran 2.50x17 untuk depan dan 3.00x17 buat belakang. Biar konsep scrambler makin kuat, dibalut ban dual purpose lansiran Shinko. Bagian lain seperti tangki masih mempertaha­nkan aslinya, termasuk cover bodi samping. Iyus hanya merombak sepatbor depan dan belakang, yang dibuat ulang menggunaka­n pelat galvanis 1,2 mm dan dilabur warna kuning menyesuaik­an warna tangki.

Biar konsep scrambler makin kuat, skid plate custom disematkan untuk melindungi mesin dan leher knalpot dari benturan. Terakhir knalpot diganti karya Insan Motor sendiri yang beralamat di Jl. Swatantra V, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat.

Sayang model knalpotnya enggak sekalian yang di atas, biar makin scrambler. •

 ??  ?? Jok custom dilapis kulit Mbtech Carrera dengan lis kuning
Swing arm custom bersanding dengan sok tabung, pas!
Jok custom dilapis kulit Mbtech Carrera dengan lis kuning Swing arm custom bersanding dengan sok tabung, pas!
 ??  ?? FOTO: FAJRIN
FOTO: FAJRIN
 ??  ?? Lampu utama mengandalk­an LED dari Daymaker, hasilnya lebih padat dan modern!
Lampu utama mengandalk­an LED dari Daymaker, hasilnya lebih padat dan modern!
 ??  ?? Perangkat gas buang ini terbuat dari bahan stainless steel
Perangkat gas buang ini terbuat dari bahan stainless steel
 ??  ??
 ??  ?? Menguatkan kesan scrambler dan biar nyaman, setang diganti milik trail
Menguatkan kesan scrambler dan biar nyaman, setang diganti milik trail

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia