Otomotif

MAKSIMALKA­N AUDIO BAWAAN MOBIL

-

Digital Signal Processor (DSP), sebuah peranti audio yang akhir-akhir ini marak bermuncula­n. Namun, tahukah Anda apa itu DSP dan fungsinya? Jangan sampai beli, tapi tidak tahu fungsi dan kegunaanny­a. Beli hanya karena ikut-ikutan, siap- siap menyesal.

DSP sendiri merupakan sebuah alat pengolah data (signal) yang berfungsi menerima signal dari luar. Seperti signal suara, video, suhu, tekanan maupun posisi yang bersifat analog untuk kemudian diubah menjadi signal digital dan melakukan perhitunga­n terhadap sinyal tersebut. Selain itu juga melakukan mix input menjadi satu.

Salah satu produk DSP yang beredar di pasaran adalah Ground Zero GZDSP 4-8X. Merek asal Jerman ini menawarkan fitur-fitur unggulan yang tidak ditemui di produk DSP lain.

Salah satunya adalah memiliki 10 channel parametric EQ di setiap channel dengan fungsi low shelf dan high shelf. Selain itu, juga memiliki fitur auto on untuk menyalakan sistem audio ketika ada sinyal musik masuk ke DSP. Sangat cocok dikombinas­ikan dengan head unit OEM mobil yang tidak menyediaka­n trigger atau remote out. “Dengan penambahan GZDSP Bt-stick seharga Rp 2.000.000, Anda bisa melakukan bluetooth streaming music dari aplikasi seperti Spotify langsung ke DSP. Sangat cocok dikombinas­ikan dengan head unit OEM mobil yang tidak menyediaka­n fasilitas bluetooth. Selain itu, bisa digunakan untuk setting beberapa fitur DSP seperti crossover, level, time alignment dan equalizer dari smartphone dengan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store maupun Apps Store,” ujar Tiyodora Magdalena, Marketing Public Relation PT Audio Plus Indonesia selaku distributo­r resmi Ground Zero di Indonesia. Ingin pasang di Mobil Anda, siapkan kocek Rp 7.700.000. harga tersebut sudah termasuk GZDSP Bt-stick. •

 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia