Otomotif

Langka & Menawan

- FOTO: RENDY

Ajang kumpul-kumpul komunitas mobil produksi negara Perancis, bertajuk Saturday French Automobile Meet-up 2019 digelar di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakpus (19/10). Ratusan model mobil bermerek Peugeot, Citroen dan Renault berbagai tahun terparkir rapi.

Acara ini pertama kali diadakan

2017 lalu. “Ini kali kedua digelar, dari sekadar kumpul-kumpul satu merek dan jenis mobil, kemudian berkembang menjadi seperti ini,” kata Sonny Boedhiwibo­wo, Wakil Ketua penyelengg­ara.

TAHUN TUA

Dari ratusan mobil Perancis, hadir model-model langka yang jarang terlihat di jalanan. Dari merek Citroen, ada model-model unik seperti Citroen

Dyane6, Mehari dan FAF. Ketiganya punya platform mesin yang sama, berkapasit­as 602 cc.

Lantas ada Citroen DS, sedan berdesain futuristik yang menggunaka­n teknologi hydropneum­atic self-levelling suspension. Selain DS, ada juga model klasik Citroen Traction Avant berbodi monokok produksi 1950-an.

Di Renault, ada spesies langka 2- door convertibl­e Renault 19 berkelir merah. Hatchback kompak ini diproduksi sekitar akhir 1980-an hingga 1996.

Pada kategori mobil komersial ringan, hadir model van atau Renault Kangoo berkelir kuning. Bentuk desain kabinnya unik. Spesies generasi pertama ini diproduksi sekitar 1997 hingga 2007.

Di ajang ini, Peugeot berstatus langka juga termasuk banyak. Misalnya saja model hatchback sporty Peugeot 208 GTI berkelir putih yang populasiny­a hanya hitungan jari saja.

Masih dua pintu, ada Peugeot 406 coupe. Model 406 sempat banyak di jalanan namun bodinya tipe Saloon atau sedan biasa. Namun yang berkelir biru ini modelnya coupe dua pintu. Penyuka station wagon juga bakal ngiler sama model langka ini. Peugeot 505 Break GL, bisa disebut juga station wagon. •

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia