Otomotif

KONVERSI JADI DUAL PURPOSE

-

Beberapa waktu lalu PT. Suzuki Indomobil Sales meluncurka­n varian terbaru dari Nex II bertajuk Nex Cross. Hadir dengan style ala motor dual-purpose, Nex Cross juga menggantik­an versi Sporty Runner dalam line up skutik 115 cc ini.

Mengusung basis yang sama persis dengan Nex II standar, apakah versi tersebut bisa dikonversi jadi Nex Cross?

Jawabannya ya! Seperti yang sudah dibuat oleh Mamet Rahadi dari Bekasi, Jawa Barat, yang memang gemar ngoprek motor Suzuki. Ia mengkonver­si atau mengubah Nex II miliknya menjadi varian Cross.

Secara garis besar, perbedaan Nex Cross dengan versi standar terdapat pada pelek tubeless baru, ban dual-purpose dengan kontur kasar ( Gbr.1), serta warna dan striping bodi baru yang beda dengan Nex II. Selain itu, ada tambahan aksesori berupa Meter Visor, Cover Muffler, Lampu LED, Rim Decal, dan USB Charger.

Semua part tersebut dapat terpasang secara plug & play di Nex II standar.  Kemudian berapa harga komponen tersebut? Ban dual purpose IRC GP5 ada di kisaran Rp 350 ribu. Untuk peleknya, Mamet masih pakai Nex lama, karena pelek Cross yang sama dengan milik Address versi ekspor ini belum dijual terpisah.

Sedangkan stiker harganya Rp 150 ribuan. Bisa dipasang di bodi Nex II standar maupun di bodi Cross yang dibeli terpisah. “Tergantung selera, mau warna dasar motornya apa,” jelas Mamet.

Untuk aksesoriny­a, Cover Muffler Rp 149 ribu, Rim Decal Rp 135 ribu, USB Charger Rp 245 ribu.

Kalau ingin menguatkan nuansa ‘Cross’ atau dual-purpose bisa ganti setang dengan model telanjang seperti di motor Mamet( Gbr.2). Makin keren lagi setelah ditambah spidometer copotan Yamaha X-ride ( Gbr.3).

Mamet menyediaka­n paket setang lengkap, dengan estimasi harga dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Untuk harga pasti rencananya akan dirilis akhir bulan Oktober ini. “Harga tergantung part- nya, kalau yang paket tertinggi seperti yang saya pakai,” ujar Mamet.

Bedanya ada di raiser setang, yang lebih murah menggunaka­n aftermarke­t, sedangkan yang mahal pakai Suzuki Genuine Part (SGP). Semua paket lengkap berikut spidometer­nya, lengkapnya ada pada daftar di bawah. Selang rem, kabel gas, dan kabel rem belakang tetap pakai bawaan motor.

Karena plug & play, pemilik Nex bisa pasang sendiri, paling hanya ada penyesuaia­n di kabel spido dan sakelar. Apabila tak mau repot, bisa juga minta dipasangin oleh bengkel rekanan Mamet dengan biaya jasa Rp 100 ribu. •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia