Otomotif

PROYEK SANTUY

-

Pmiliknya bernama Reza Zen, seorang penggemar 4x4 yang berprofesi sebagai dokter bedah. Kecintaann­ya pada mobil 4x4 dibuktikan dengan mobil- mobil di garasinya. Semua harus ‘ double handle’, dengan transmisi manual.

Karena setiap hari selalu pakai mobil gerak 4 roda, Reza memutus kan untuk membuat satu mobil khusus ‘main’ tanah. Awalnya beli gardan lebih dahulu, ‘menabung’ gardan Toyota Land Cruiser J60. Tadinya sempat Vitara yang jadi kandidatny­a. Tapi sebelum dibedah, sudah merasa tidak cocok.

Akhirnya dibeli lah Daihatsu Taft Independen­t, “Dapat bahan dari Palembang, Sumatera Selatan,” bebernya. Tanpa lihat langsung, Taft pun langsung dikirim ke Jakarta. Sampainya di workshop D2 Motor, kaki-kaki F78 ini pun langsung dibedel.

Sambil menunggu ‘tranplanta­si’ kaki, Reza berburu barang-barang Daihatsu Rugger. Mulai dari panel bodi hingga mesin. “Sebenarnya mesin Rugger ini buat cadangan. Tapi, kok tanggung ya kalau gak ganti punya Rugger sekalian. Karena tampangnya sudah Rugger, hehehe..,” kekeh Reza.

Walau sebenarnya sudah pernah dipakai off-road, yang artinya mobil memang sudah siap main, namun Reza masih punya beberapa check list yang masih ingin dikerjakan buat ‘mainan’ barunya itu.

“Pokoknya ini mobil tidak hanya untuk off-road, tapi harus bisa buat pergi kemping juga sama keluarga. Jadi, masih harus pasang beberapa camp gear nih,” tutupnya. Hemm.. tunggu saja update finalnya seperti apa, yang pasti masih lama karena ini ‘ project santuy’- nya Reza. •

 ??  ??
 ?? FOTO: BIMO SS ?? Pelek kaleng orisinal Nissan Patrol MK bikin tongkronga­n semakin manis
Coba perhatikan baik-baik, pintu asli Rugger ini sudah banyak dikorbanka­n. Selain dibuat bertengger­nya jerican dan farm- jack, bagian bawah pintu juga kena coak
FOTO: BIMO SS Pelek kaleng orisinal Nissan Patrol MK bikin tongkronga­n semakin manis Coba perhatikan baik-baik, pintu asli Rugger ini sudah banyak dikorbanka­n. Selain dibuat bertengger­nya jerican dan farm- jack, bagian bawah pintu juga kena coak
 ??  ?? Mesin bawaan jebol, diganti dengan mesin DL62 Turbo milik Daihatsu Rugger
Mesin bawaan jebol, diganti dengan mesin DL62 Turbo milik Daihatsu Rugger
 ??  ??
 ??  ?? Atap depan F78 dipotong dan diganti atap fiber Rugger SE. Dilengkapi pop-up roof atau sun roof orisinal
Atap depan F78 dipotong dan diganti atap fiber Rugger SE. Dilengkapi pop-up roof atau sun roof orisinal

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia