Otomotif

TRANSFER P PEMBALA WSBK

-

World Superike ( WSBK) memasuki ronde terakhir di sirkuit Losail, Qatar (25- 26/10) akhir pekan ini. Untuk musim depan, perpindaha­n pembalap atau bursa transfer lebih menarik disimak. Pasalnya akan banyak pembalap dengan seragam baru.

Misalnya Alvaro Bautista yang kini mejalani musim debutnya di WSBK berada dalam naungan Aruba.it Racing – Ducati. Ia cukup sensasiona­l sejak paruh musim pertama dengan 11 kemenangan beruntun. Alih-alih bertahan di Ducati, ia malah memutuskan hijrah ke tim pabrikan Honda musim depan.

“Saya ingin mencari petualanga­n baru yang ditawarkan Honda musim depan. Mereka akan menggunaka­n motor baru yang lebih kompetitif dan saya merasa terhormat mendapatka­n kepercayaa­n tersebut,” tutur Bautista.

Memang, Honda akan terjun sebagai tim pabrikan dengan motor Honda CBR1000RR SP Fireblade yang diluncurka­n pada ajang Tokyo Motor Show 2019, pekan ini. Hijrahnya ‘Superbaut’ akan diisi Scott Redding.

Ini juga sosok baru muka lama. Sama seperti Bautista, ia adalah ‘alumni’ Motogp 2018. Redding yang tahun ini berkiprah di British Superbike (BSB) punya kiprah yang fenomenal dan menjadi juara nasional di negara asalnya itu.

Karena kiprahnya menggunaka­n Ducati Panigale V4 R, tak heran kalau ia menjadi kandidat kuat untuk terus kompetitif mendulang kemenangan di Aruba.it Racing – Ducati, tandem dengan Chaz Davies.

MENGEJUTKA­N

Bagi pembalap bernomor 45 itu, ia cukup senang bisa kembali ke kancah balap dunia dan masuk tim yang kompetitif. “Saya menemukan semangat balap lagi selama di BSB, dengan kesempatan dan kepercayaa­n yang lebih besar bersama Ducati di WSBK,” tutur Redding.

Perpindaha­n mengejutka­n terjadi di kubu Kawasaki Racing Team dan PATA Yamaha WSBK. Kedua tim pabrikan asal Jepang itu sedang mencari pembalap pelapis. Kawasaki Racing Team ingin mencari pengganti Leon Haslam yang performany­a tidak sesuai ekspektasi.

Awalnya diduga ia akan digantikan oleh Toprak Razgatliog­lu yang cukup gemilang di atas Kawasaki Ninja ZX-10RR milik Pucetti Racing. Eh ternyata pembalap asal Turki itu malah direkrut ke PATA Yamaha WSBK.

Iya, Toprak menggantik­an posisi Alex Lowes yang akan tandem dengan Jonathan Rea musim depan. “Impian saya adalah bisa berkompeti­si dengan tim besar. Yamaha mewujudkan itu, tetapi saya tidak akan melupakan jasa Pucetti Racing yang sudah mengantark­an saya meraih banyak kemenangan,” tutup Toprak.

Susunan pembalap seperti ini akan membuat WSBK semakin menarik disimak. •

 ?? DUCATI ??
DUCATI
 ??  ?? Scott Redding akan kembali ke kancah balap dunia musim depan
Scott Redding akan kembali ke kancah balap dunia musim depan
 ??  ?? Toprak Razgatliog­lu akan bersama Yamaha setelah bertahun-tahun menggeber Kawasaki
Toprak Razgatliog­lu akan bersama Yamaha setelah bertahun-tahun menggeber Kawasaki

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia