Otomotif

PULSAR 200NS BREBET

- konsultasi.r2@gmail.com :AANT ASUHAN

Mas Aant langsung saja, mau tanya permasalah­an Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS. Kalau sedang dipakai ngebut terus-terusan putaran tinggi, tiba-tiba mesin brebet seperti kehabisan bensin, lalu setelah berhenti akan normal lagi, dan begitu lagi, tapa kalau jalan santai cukup normal. Kenapa ya? Satu lagi setelan celah katup standarnya berapa ya? Makasih mas.

Ridwan S.

Pamulang, Tangerang Selatan

Halo juga Mas Ridwan, dari gejala yang disebutkan, tampaknya ada keterlamba­tan bensin turun ke karburator, berarti ada hambatan di salurannya. Salah satu yang harus dicek dan dibersihka­n tentu saringan bensin, yang letaknya antara keran bensin dan karburator. Lepas dan kuras pakai bensin bersih lalu tiup pakai angin bertekanan. Pastikan kotoran keluar semua. Biasanya, seiring pemakaian memang kotoran dari tangki akan menumpuk di saringan tersebut, sehingga jadi hampir mampat. Nah ketika mesin digeber putaran tinggi terus, yang berarti “minum” bensin banyak, kebutuhan bensinnya tak bisa dipenuhi karena alirannya terhambat. Dengan dibersihka­n, pastinya gejala brebet lagi tak akan terjadi lagi. Saran saya, tiap servis jangan terlewat untuk selalu dibersihka­n.

Berapa setelan celah katup standarnya? Untuk yang inlet 0,04-0,06 mm, sedang yang exhaust 0,07-0,09 mm. Gitu Mas Ridwan, semoga bisa membantu memecahkan masalahnya.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia