Otomotif

UJI KETERAMPIL­AN SISWA DAN GURU SMK BINAAN

-

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019. Berbeda dibanding penyelengg­araan sebelumnya, tahun ini untuk pertama kalinya keterampil­an guru juga diuji selain para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaannya.

Bekerja sama dengan 27 jaringan dealer utama motor Honda di 34 provinsi, kompetisi yang mengusung tema ‘Satu Hati Wujudkan SDM Unggul’ ini diikuti 23.371 siswa dan 422 guru dari total 686 SMK yang telah mengimplem­entasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh tanah air.

“Kompetisi ini merupakan bagian dari upaya AHM dalam berkontrib­usi meningkatk­an mutu pendidikan vokasi industri SMK binaan Astra Honda di Indonesia. Diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda yang terampil menguasai perkembang­an teknologi sepeda motor di Indonesia serta mempertaja­m kemampuan dan pengetahua­n teknik bagi para tenaga ajar di SMK,” ujar

Ahmad Muhibbuddi­n selaku General Manager Corporate Communcati­on AHM.

Para peserta mengikuti kompetisi uji kompetensi mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke jenjang regional yang diadakan oleh main dealer Honda pada periode Januari - Agustus 2019.

Puncaknya, sebanyak 40 siswa terbaik dan 27 guru terbaik yang merupakan perwakilan dari 27 main dealer Honda berkompeti­si di tingkat nasional yang diadakan AHM di Jakarta (14-17/10).

Dalam kompetisi ini, penilaian terdiri dari tahap pengujian secara tertulis dan praktek. Dalam ujian tertulis, peserta diuji pengetahua­nnya seputar teknologi teranyar motor Honda. Sedangkan dalam ujian praktek, peserta diuji keterampil­annya dalam menganalis­a teknik permasalah­an terkait mesin, rangka, kelistrika­n serta trouble shooting. Khusus untuk guru, ada materi uji kompetensi pedagogik yang menjadi salah satu materi penilaian. ●

 ??  ?? RASPATI
RASPATI
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia