Otomotif

LAMPU SUZUKI SATRIA F150

-

1. Mas Aant saya mau nanya nih, kenapa ya motor saya ketika direm lampunya malah tambah terang tapi digas redup, padahal sudah sempat ganti kiprok (enggak tahu asli apa enggak), tapi pengisian aki normal ( double stater bisa) tapi ketika rpm tinggi atau sambil rem, klakson brebet alias akinya gak kuat (baru ganti aki baru speknya sama).

2. Ketika ngerem agak kencang kalau hanya pakai rem belakang terasa oleng dan kadang-kadang terdengar seperti besi tertatap dan seperti digesek. Sekian terima kasih.

Abraham Wijaya – Via email

Mas Abraham terima kasih pertanyaan­nya, kita bahas satu-persatu:

1. Lampu utama menyala lebih terang ketika mengerem, tampaknya ada yang korslet atau terjadi hubungan pendek di bagian kabel ke lampu utama dan rem. Jadi saat mengerem, justru ada arus tambahan ke lampu utama. Solusinya tentu harus diurut satu-persatu kabelnya, dicari yang korslet. Dan saran saya, sebaiknya kiprok pastikan pakai yang asli, untuk memastikan tegangan ke lampu maupun aki sesuai standar. Ini berhubunga­n dengan daya tahan dan keamanan sistem kelistrika­n.

2. Mengerem kalau hanya belakang tentu saja oleng, karena itu teknik yang salah. Yang benar adalah rem depan porsinya lebih besar, karena saat mengerem beban akan lebih banyak tertumpu ke roda depan. Porsinya sekitar 60% depan dan 40% belakang. Silakan teknik mengeremny­a diperbaiki. Soal besi beradu, cek ketebalan kampas, tampaknya sudah tipis dan tersisa besinya saja, waktunya ganti!

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia