Otomotif

JADI BABY R1

-

All New Yamaha R15 mengadosi DNA R Series yang sporty, layaknya R6 hingga R1. Salah satu bagian yang khas bagian depan, dengan ram air duct cukup besar, kendati di R15 buntu. Namun ada bagian yang beda, lampu utama R15 belum pakai model tersembuny­i layaknya R6 atau R1 terbaru.

Meski begitu, buat para pemilik R15 yang ingin motornya tampil lebih mirip R1 kini sangat mudah. Adopsi saja fairing depan replika R1 beserta lampunya buatan MR Motoshop. “Fairing ini memang terinspira­si dari tampang R1 (Gbr.1),” buka Muhamad Raja, owner MR Motoshop.

“Bahan menggunaka­n fiberglass, dibentuk semirip mungkin R1, mulai dari windshield, dua tempat headlamp dan lampu senja yang sipit, sampai ram air di tengah fairing,” lanjutnya.

Karena didesain buat R15, maka urusan pemasangan tergolong mudah. Hanya perlu bikin lubang baut saja, “Memang sengaja belum ada lubang untuk dudukan bautnya. Tujuannya agar bisa disesuaika­n dengan dudukan baut fairing bawaan pabrik,” beber Raja yang bermarkas di

Jl. Mundu, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Namun sebelum melubangi fairing untuk dudukan baut, pasang terlebih dahulu lampu LED projector U7 (Gbr.2). Baru kemudian bikin lubang baut di bagian samping kanan dan kiri fairing menggunaka­n mata bor besi 6 mm (Gbr.3).

Bikin juga lubang baut menggunaka­n mata bor 6 mm pada bagian bawah fairing kanan dan kiri (Gbr.4), serta dua lubang di bawah ram air (Gbr.5). Khusus untuk dudukan spion pakai mata bor 10 mm. Setelah itu tinggal pasang dan kencangkan semua baut pada fairing menggunaka­n kunci L5. Hasilnya R15 tampil ala R1. Jadi sebut saja Baby R1! Jika berminat, Raja membandero­lnya Rp 550 ribu saja, itu sudah termasuk lampunya. •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ?? FOTO: FAJRIN ??
FOTO: FAJRIN
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia