Otomotif

KELEBIHAN & KEKURANGAN

-

Meski skutik ini punya bentuk yang tidak sebongsor keluarga MAXI Yamaha lainnya, tapi Yamaha Lexi tetap menyuguhka­n posisi berkendara yang khas seperti saudara-saudaranya. Mulai dari posisi setang yang tinggi membuat pundak dan lengan terasa relax, ditambah juga dengan pijakan yang memungkink­an pengendara untuk sedikit meluruskan kaki.

Kenyamanan­annya juga ditunjang dengan jok yang memiliki kulit lentur dan busa yang tebal serta empuk. Untuk pengendara dengan berat 58 kg suspensiny­a mampu meredam jalan rusak dengan baik, untuk melahap tikungan pun Lexi tetap lincah dan stabil.

Spidometer­nya fully digital seperti milik Aerox 155, bedanya ada logo Lexi di bagian bawahnya dan ada

3 tingkat kecerahan yang bisa diatur. Selebihnya ada beragam informasi seperti tachometer, speed meter,

fuel meter, jam, trip meter, odometer, real time fuel consumptio­n, average fuel consumptio­n, dan volt meter. Fitur lainnya di Lexi versi tertinggi sudah dibekali smart key dengan tombol answer back system pada remotnya. Di bawah joknya terdapat bagasi dengan kapasitas penampunga­n 12,8 liter bersanding dengan tangki bensin 4,2 liter.

Karena sudah menggunaka­n starter Smart Motor Generator (SMG), ini memungkink­an Lexi memiliki fitur Stop & Start System (SSS) yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik ketika merayap di bawah 10 km/jam dan mati 0 detik setelah berkendara kencang. Teknologi VVA membuat tenaga lebih merata di setiap putaran mesin.

Di balik beberapa kelebihan tersebut, ternyata Lexi juga memiliki kekurangan. Seperti joknya yang punya tinggi 785 mm tapi bentuknya lebar, sehingga postur 170 cm perlu jinjit saat naik skutik ini. Kemudian bagasi di bawah joknya terbilang lebar namun tidak dalam, sehingga hanya helm yang punya dimensi kecil saja yang bisa masuk.

Lalu posisi spidometer­nya yang tidak terlalu mengarah ke pengendara membuat sulit melihat informasi saat siang hari, karena bayangan pohon sampai sinar matahari memantul di layar spidometer. Desain depan yang terasa kaku mengotak juga menjadi sisi yang kurang bagi sebagian orang.

 ??  ??
 ??  ?? Unit seken sudah mulai bisa ditemui di penjual mokas
Unit seken sudah mulai bisa ditemui di penjual mokas
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia