Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Dengan embel-embel Super Tech, jelas menandakan kalau ini merupakan varian Vespa yang dibekali dengan teknologi canggih. Paling menonjol tentu saja dari spidometer TFT digitalnya berukuran 4,3 inci.

Ketika kontak dinyalakan, di spidometer akan langsung muncul tulisan Vespa dengan font yang khas. Selanjutny­a tampilan akan berubah ke tampilan utama. Paling kiri ada fuelmeter dan di tengah ada speed meter besar, di atas kiri terdapat jam dan di atas kanan ada suhu udara. Di sisi kanan ada rentetan informasi yang bisa diganti dengan tombol mungil yang ada di panel sakelar kiri, isinya ada odometer, trip, trip time, max speed, average speed, voltase aki, fuel range, real time fuel consumptio­n, dan average fuel consumptio­n.

Ada pula menu setting, untuk masuk ke dalam menunya perlu menahan tombol mungil tadi selama beberapa detik. Setelah itu ada setelan 5 bahasa yang bisa dipilih, ada configurat­ion untuk mengatur jam, satuan kecepatan dan temperatur cuaca, juga pengaturan pairing.

Terdapat juga menu backlight, untuk mengatur warna latar spidometer ingin berwarna hitam atau putih, bisa juga dibuat otomatis sehingga akan berubah ketika suasana terdeteksi gelap atau terang. Kecerahan backlight bisa diatur 4 tingkat.

Terakhir ada graphic untuk mengganti tampilan spidometer bagian bawah, yang awalnya bertuliska­n Vespa bisa diganti menjadi smooth atau grid.

Selain itu, di sisi paling pinggir kiri ada lampu indikator engine cut off, check engine, high beam, dan sein. Kalau sisi paling kanan ada oil temperatur­e indicator, oil level indicator, dan ABS indicator.

Sisi canggihnya, spidometer bisa terkoneksi dengan smartphone melalui Vespa MIA Connectivi­ty System dengan mengunduh aplikasi Vespa di smartphone. Jika sudah terkoneksi, nantinya spidometer bisa menampilka­n navigasi dengan arah turn-byturn lengkap dengan jarak sampai ke tujuan dan estimasi sampai di tujuan juga voice over di tiap tikungan.

Spidometer­nya bisa juga terkoneksi dengan intercom pada helm, sehingga saat ada telepon masuk nama kontak akan muncul di spidometer, bisa juga menggunaka­n perintah suara atau voice command untuk menelepon dan mendengark­an musik. Ketika mendengark­an musik pun, playlist lagu akan muncul pada spidometer­nya, canggih kan?

Bicara fitur, yang juga baru di GTS 300 adalah lampu utama kini menggunaka­n LED, 3 titik untuk lampu jauh dan 3 titik untuk lampu dekat. Pancaran cahaya untuk lampu dekatnya memang tidak terlalu tebal, tapi untuk lampu jauhnya patut

diacungi jempol, sinar ke jalan raya tebal dan terang.

Fitur lainnya masih sama seperti versi sebelumnya, di mana terdapat remote yang berfungsi sebagai bike finder dan membuka jok. Untuk sistem keamanan dan keselemata­n ada kunci dengan antitheft immobilize­r, tilt sensor, ABS dual channel, dan ASR ( Anti Slip Regulation).

Sisi akomodasi, komparteme­n bagian depan cukup untuk menaruh sarung tangan maupun karcis dan duit receh. Di dalamnya ada tempat toolkit, kotak sekring, dan power outlet.

Sayangnya kondisi di dalam komparteme­n ini cukup panas karena berada tepat di belakang radiator, sehingga terasa riskan jika menaruh benda elektronik terutama smartphone yang berbarenga­n dengan pengisian daya baterai.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Suspensi belakang terlalu empuk untuk postur 58 kg, tapi sudah dilengkapi dengan 4 setelan kekerasan, tinggal atur saja
Suspensi belakang terlalu empuk untuk postur 58 kg, tapi sudah dilengkapi dengan 4 setelan kekerasan, tinggal atur saja
 ??  ?? Lampu utama LED punya pancaran cahaya yang cukup tebal saat lampu jauh diaktifkan
Lampu utama LED punya pancaran cahaya yang cukup tebal saat lampu jauh diaktifkan
 ??  ?? Ada tombol mungil di setang kiri, ini buat memilih info di spidometer
Ada tombol mungil di setang kiri, ini buat memilih info di spidometer
 ??  ?? Di setang kanan terdapat sakelar engine cut off dan untuk mematikan fitur ASR
Di setang kanan terdapat sakelar engine cut off dan untuk mematikan fitur ASR
 ??  ?? Spidometer barunya menampilka­n banyak informasi hingga bisa terhubung ke smartphone
Spidometer barunya menampilka­n banyak informasi hingga bisa terhubung ke smartphone

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia