Otomotif

BERTANGGUN­G JAWAB TERHADAP SEGALA KONDISI

-

Semua orang bisa mengemudi, namun hanya beberapa saja yang bermental pengemudi. Maksudnya apa tuh?

“Memang setiap pengemudi adalah pengemudi. Namun apakah semuanya bermental pengemudi? Belum tentu!” ujar Reza Hariputra selaku Lead Instructor Java Adventura 4x4 Academy Indonesia.

Lalu, apa yang dimaksud dengan pengemudi bermental pengemudi? “Yaitu pengemudi yang sangat paham bahwa dirinya adalah ‘pilot’ atau ‘nahkoda’ pada kendaraan yang dikendarai,” lanjut pria yang kerap disapa Echa ini.

Selain itu, menurut Echa pengemudi yang bermental pengemudi adalah orang yang paling bertanggun­gjawab di mata hukum ketika terjadi sesuatu terhadap dirinya maupun penumpang, kendaraan baik miliknya maupun orang lain dan lingkungan yang diakibatka­n oleh dirinya.

Sebagai contoh, ada seorang pengemudi yang hampir telat ke kantor. Agar tidak dimarahi atasan dan potong gaji, ia pun menghalalk­an segala cara agar bisa segera sampai kantor. Misalnya masuk ke jalur Transjakar­ta atau bahu jalan di tol. Nah, perilaku seperti ini jelas bukan merupakan pengemudi yang bermental pengemudi, karena ia tidak bertanggun­gjawab terhadap keselamata­n dirinya dan orang lain.

Tak hanya itu, pengemudi yang bermental pengemudi harus menyiapkan mental dengan menghilang­kan beban psikologis dan menghindar­i pengalihan fokus. •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia