Otomotif

WASPADAI JALAN TOL LAYANG JAPEK

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Liburan telah tiba. Minggu ini hawa liburan dan mudik memang sudah mulai terasa. Segala persiapan untuk merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 bersama keluarga sudah mulai direncanak­an. Mau liburan kemana nih para pembaca setia?

Bagi pemukim di wilayah Jabodetabe­k yang berencana berlibur menggunaka­n kendaraan pribadi sekarang bisa bernafas lega. Pasalnya pembanguna­n jalan tol layak Japek (Jakarta-cikampek) II sudah selesai dan sudah dapat digunakan untuk liburan Natal dan Tahun Baru ini.

Alhasil, kemacetan yang kerap terjadi di ruas tol Japek I belakangan ini diprediksi sudah bisa cair berkat adanya satu jalan alternatif yang berada di atasnya. Ya, per tanggal 15 Desember jam 6.00 WIB bisa dilewati tanpa dipungut biaya. Asyik kan?

Eits, ntar dulu! Jalan itu setinggi 15 meter di atas jalan tol Japek I loh! Maksudnya, Anda harus tetap berhati-hati. Apalagi proyek ini seakan dikebut untuk menunjang musim liburan akhir tahun ini.

Sehingga, masih banyak kendala yang cukup mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara. Baik untuk sopir maupun penumpang. Seperti apa kendalanya?

Nah, supaya Anda semua paham betul dan waspada saat akan melalui jalan tol layang sepanjang 36,4 km ini, kami melakukan dua kali pengetesan melalui ruas tol layak Japek II ini.

Tentunya ingin memberi informasi kondisi atau permukaan jalan, kesiapan rambu-rambu, batas kecepatan yang wajib diperhatik­an dan lainnya.

Biar lebih afdol, kami juga mengajak pakar safety dan defensive driving saat pengetesan. Dan ternyata, cukup banyak catatan yang kami peroleh setelah menjajal jalan tol layang tersebut.

Intinya, adanya fasilitas jalan tol di atas tersebut bukan berarti perjalanan bisa jadi lebih cepat sampai loh. Malah sebaliknya, jangan ngebut! Anda harus tetap hati-hati karena proyek pembanguna­n tol Japek II belum 100 persen final.

Selamat berlibur!•

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia