Otomotif

RESMIKAN SAFETY RIDING LAB

-

Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) meresmikan Safety Riding Lab, yang dibangun di SMK Panca Abdi Bangsa, Kota Binjai, Sumut (12/12). Safety Riding Lab (SRL) ini merupakan upaya Yayasan AHM dalam mewujudkan peran duta keselamata­n berkendara, merupakan siswa-siswi binaan AHM.

Pengembang­an SRL dimulai sejak 2018. Peresmian fasilitas SRL tersebut, merupakan yang ketiga dibangun Yayasan AHM. Lab ini memiliki beberapa bagian yang difungsika­n secara komprehens­if untuk memberikan kemudahan dalam menyampaik­an dan menerima materi tentang keselamata­n berkendara. dibagi menjadi tiga zona, yakni zona audio-visual, zona simulasi dan zona praktik.

“Pembanguna­n Safety Riding Lab ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan AHM, dalam meningkatk­an kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya keselamata­n berkendara di jalan. Sambutan yang baik dari masyarakat dengan dukungan siswa-siswi duta safety riding menjadi semangat kami untuk terus berinovasi dalam mengampany­ekan keselamata­n berkendara dengan cara yang menarik dan berdampak maksimal,” papar I Putu Astawa, Ketua Yayasan AHM.

Zona audio-visual difungsika­n sebagai ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang didapat pada setiap kegiatan safety riding. Berikutnya zona simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya. Area ini dilengkapi simulator berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkap­an berkendara aman lainnya.

Dilanjut zona praktik yang spesifikas­inya mengacu Peraturan Kapolri no 9 tahun 2012 tentang Surat Izin

Mengemudi (SIM). Lengkap dengan tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

AHM juga punya kampanye aman berkendara secara berkesinam­bungan. Salah satunya program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di Sekolah Satu Hati yang saat ini berjumlah 26. Tersebar di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Sumatera Utara AHM mengukuhka­n duta safety riding Sekolah Satu Hati. Dilanjutka­n dengan Safety Riding Camp yang melatih duta safety riding dalam kemampuan blogging dan fotografi sebagai media publikasi, sehingga diharapkan dapat menyebarka­n virus keselamata­n berkendara. ●

 ??  ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia