Otomotif

MOBIL IDAMAN KELUARGADE­NGAN

-

Ingin

punya mobil keluarga yang nyaman, bisa muat banyak penumpang, tangguh, bertenaga, namun harganya bersahabat? Nah, Wuling Cortez CT bisa jadi pilihan tepat.

Pasalnya, MPV andalan Wuling Motors Indonesia ( WMI) yang diperkenal­kan pada April lalu ini memang didesain punya ruang kabin yang sangat lapang di kelasnya. Bisa memuat 7 hingga 8 penumpang.

Tak hanya itu, interiorny­a pun terkesan mewah dengan pilihan jok model captain seat di bangku baris kedua untuk tipe Luxury. Sipnya lagi, kontur jok dan busanya pun nyaman diduduki, sekalipun berkendara lama atau jarak jauh.

Ditambah ia juga telah dijejali berbagai fitur canggih zaman now. Coba bayangkan, dengan harga tertinggi hanya Rp 282 juta on the road DKI Jakarta, ia sudah dilengkapi fitur keyless entry, tombol start/stop, pengaturan jok elektrik dan lampu utama sudah berteknolo­gi LED.

Bahkan ia telah dilengkapi sunroof, Electronic Parking Brake (EPB), Tyre Pressure Monitoring System ( TPMS), indikator Fatigue Driving Warning dan masih banyak lagi.

Lalu, bantingan suspensiny­a juga tebilang nyaman dan stabil. Hal itu berkat racikan pas suspensi Macpherson Strut

coil spring pada kaki depan, dengan independen­t suspension with coil spring di belakang (khusus tipe Luxury).

Nah, untuk urusan performa, tentu tak perlu diragukan lagi. Sebab, Wuling Cortez terbaru ini (CT) telah dipersenja­tai mesin baru 4 silinder segaris, dengan doping tenaga turbocharg­er. Wihhh.. makin ngeriii kan!

Dapur pacu ini sama dengan yang diusung Wuling Almaz. Peranti

turbonya buatan Honeywell Jerman. O iya, meski kapasitas mesinnya hanya 1.500 cc, tapi berkat pemakaian turbo, mesin ini mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 140 dk di putaran 5.200 rpm. Tenaga segitu lebih tinggi 21 dk dibanding Cortez bermesin 1.800 cc DOHC, VVT-I.

Begitu pula dengan torsi

puncaknya, yang mampu menyentuh angka 250 Nm di 1.600 – 3.600 rpm, atau lebih tinggi 76 Nm dari torsi maksimum Cortez 1.800 cc.

Mesin baru 1.5 liter turbo tersebut dipadu dua pilihan transmisi. Yaitu manual (M/T) 6-percepatan dan otomatis CVT dengan mode 8-speed manual

simulated.

Dari hasil first drive yang OTOMOTIF lakukan saat perkenalan perdana Wuling Cortez CT ini pada media, yaitu di sirkuit Sentul Internasio­nal di Bogor, Jawa Barat pada April 2019 lalu, akselerasi yang dihasilkan dari perpaduan mesin 1.5 liter tubro dengan transmisi CVT tersebut terbilang sangat responsif.

“Untuk yang transmisi manualnya, gigi 3-nya dalam kondisi jalan, ban depannya bisa dibuat spin loh,” aku Arief Rahmadi, Product Planning Specialist WMI. Wew.. mantab! •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia