Otomotif

CULTUS STYLE

-

Sepanjang tahun ‘90-an, bisa dibilang pasar mobil hatchback di Indonesia cukup ramai dengan kehadiran beberapa model. Sebut saja Toyota Starlet kapsul, Honda Civic Nouva dan Estilo, Daihatsu Charade Winner, juga Suzuki Amenity dan Eleny.

Nah, Suzuki Amenity hadir dengan model 4 pintu dan 2 pintu. Di foto yang ada di halaman ini adalah Suzuki Amenity 2 pintu milik Yoyo Wihoro. “Gue beruntung bisa dapetin Amenity 2 pintu ini dalam kondisi bagus, tinggal nerusin modifikasi­nya aja,” ujarnya dengan nada lega.

Seperti yang ia lakukan ke Toyota

Agya dan Suzuki Swift GL miliknya, ia menerapkan gaya rally look untuk Amenity miliknya ini. “Dulu di tahun ‘90an, Amenity 2 pintu ini banyak dipakai rally dan juga one make race. Saya pilih gaya rally aja lebih keren,” bebernya.

O iya, ayah 3 anak ini mendapatka­n Amenity ini sudah menggunaka­n bumper Suzuki Cultus GTI yang merupakan saudara jauh Amenity di luar Indonesia. “Ciri khasnya, ada 3 garis di sudut kiri dan kanan bumper depan, serta sudah ada foglamp- nya,” jelas Yoyo. Lampu belakang pun sudah pakai punya ‘adik’ dari Amenity, yaitu Eleny yang berwarna merah dan putih saja.

Berlanjut ke sektor kaki-kaki, Yoyo memasangka­n pelek Compomotiv­e TH1 ukuran 15 inci dengan balutan ban Champiro GTX Pro ukuran 195/50 R15. Makin mantap lagi setelah suspensiny­a dimodifika­si menggunaka­n per SBM Progressiv­e, dipadu sokbreker Koni Classic Red.

Lalu guna mempertega­s gaya rally, dua foglamp Cibie pun ditambahka­n di depan, dan foglamp bawaan diberi cover custom dengan stiker PIAA. Di bagian atap, dipasang air scoop custom ala mobil rally. “Tapi itu cuma aksesori saja, gak bolong beneran, hahaha..,” gelaknya.

Kelar di eksterior dan kaki-kaki, interior pun kena jatah berikutnya. Seluruh jok diretrim ulang dengan bahan Recaro Artista dan Mbtech hitam, “Kebetulan joknya sudah model semi bucket. Jadi, gak perlu lagi ganti Recaro,” ucapnya. Setir dan shiftknob juga diganti dengan lansiran

Sparco agar lebih mantap digenggam.

Sayangnya, mesin asli Cultus GTI yang tadinya terpasang di Eminity ini, sudah berpindah tangan ke Forsa milik teman baik Yoyo. “Jadi sekarang pakai mesin asli Amenity lagi. Tapi lumayan lah, apalagi setelah knalpot diganti mulai dari header depan sampai belakang, tarikannya tetap enteng,” bisik pemukim di Depok Jawa Barat ini. •

 ??  ??
 ??  ?? FOTO:KYN
Bumper Cultus GTI depan belakang, jadi pembeda dengan Amenity lokal
FOTO:KYN Bumper Cultus GTI depan belakang, jadi pembeda dengan Amenity lokal
 ??  ?? Tadinya pakai mesin Cultus GTI, tapi diganti lagi pakai mesin bawaan Amenity
Tadinya pakai mesin Cultus GTI, tapi diganti lagi pakai mesin bawaan Amenity
 ??  ?? Pelek Compomotiv­e TH1 pas dengan konsep yang diusung
Pelek Compomotiv­e TH1 pas dengan konsep yang diusung
 ??  ?? Interior masih nyaman dengan jok asli yang diretrim bahan Recaro dikombinas­i Mbtech
Interior masih nyaman dengan jok asli yang diretrim bahan Recaro dikombinas­i Mbtech

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia