Otomotif

PAKAI OBAT PORSELIN BISA TERBACA ECU LAGI?

-

Pernah

mengalami indikator engine check tiba-tiba nyala terus saat mobil dikendarai? Wahh.. bisa jadi sensor oxygen atau O2 sensor yang ada pada header knalpot mobil Anda, bermasalah. Tapi untuk memastikan­nya, ada baiknya bawa mobil Anda itu ke bengkel resmi, untuk discan Ecu-mua buat mengetahui penyebab pastinya.

Jika hasil scan- nya fix karena ada masalah pada O2 sensor, jangan keburu panik sob! Sebab, masalah yang muncul pada O2 sensor tersebut, tak melulu karena sensor tersebut mati total.

“Bisa saja karena ujung sensor kotor oleh kerak, akibat pemakaian bahan bakar yang kualitasny­a kurang baik. Sehingga sensor O2 itu ngebaca gas buangnya jadi tidak normal,” bilang Suwandi, Service Advisor bengkel resmi Suzuki di Pulogadung, Jaktim.

Ia pun lantas menyaranka­n untuk jangan langsung terburu- buru beli sensor O2 baru, tapi coba dulu bersihkan ujung sensor yang bermasalah, dengan cara direndam pakai cairan pembersih lantai yang ada di rumah selama beberapa jam.

Namun yang diredam hanya sebatas ujung sensornya saja ya, jangan sampai mengenai deratnya, karena cairan pembersih porselin alias keramik, bisa merusak dratnya.

Setelah itu, keringkan ujung O2 sensor yang sudah direndam tadi pakai kain, “Jangan disikat, cukup dilap saja pakai kain. Sebab waktu direndam cairan pembersih lantai itu, keraknya pasti rontok semua kok,” wanti Suwandi.

Ia pun menuturkan kalau dulu di Suzuki Ertiga generasi awal, sempat kejadian banyak yang O2 sensornya bermasalah, “Waktu itu kualitas Premium lagi kurang baik. Nah, karena saat itu stok kami tidak banyak, beberapa unit yang bermasalah O2 sensornya, coba kami terapkan trik itu, dan berhasil. Sensornya terbaca lagi oleh OCU,” akunya.

Namun bila setelah dipasang lagi ECU tetap tidak bisa membaca input dari O2 sensor tadi, tandanya O2 sensor tersebut memang sudah benar-benar ‘keok’, dan harus diganti baru.

Tidak salahnya untuk coba dulu kan? •

 ??  ??
 ??  ?? Cukup bagian ujung sensor yang ada lubang-lubang saja yang direndam
Cukup bagian ujung sensor yang ada lubang-lubang saja yang direndam
 ?? FOTO: DIC ?? Hasilnya setelah direndam cairan pembersih porselin, tampak kerak pada O2 sensor rontok
FOTO: DIC Hasilnya setelah direndam cairan pembersih porselin, tampak kerak pada O2 sensor rontok
 ??  ?? Siapkan saja cairan pembersih kramik dan wadah gelas air mineral bekas
Siapkan saja cairan pembersih kramik dan wadah gelas air mineral bekas
 ??  ?? Kondisi O2 Sensor Ertiga Dreza pemakaian 37 ribu kilometer
Kondisi O2 Sensor Ertiga Dreza pemakaian 37 ribu kilometer

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia