Otomotif

APPLE CARPLAY

-

Pemilik Honda Goldwing model year (MY) 2018 patut berbangga hati, karena motor mereka merupakan yang pertama di dunia yang pakai Apple Carplay. Carplay memungkink­an pengendara untuk mengontrol fitur-fitur yang ada pada iphone.

Apple Carplay sebelumnya lebih dikenal di dunia roda empat. Apple merancang Carplay sebagai ‘ copilot’ saat berkendara, mulai dari mengakses peta, musik, telepon, dan membaca pesan singkat atau SMS.

Cara menghubung­kan dengan Goldwing, pengendara dapat mencolokka­n kabel USB dari handphone ke motor via USB port yang ada di konsol tengah. Setelah tersambung, interface Carplay akan muncul pada display tengah Goldwing.

“Apple Carplay membutuhka­n iphone yang kompatibel, hanya dapat terhubung minimal dengan iphone 5 dengan IOS 10 atau yang memiliki spesifikas­i lebih tinggi,” ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor.

Pengendara dapat mengontrol Carplay melalui kenop di tengah, tombol di handel bar kiri maupun via perintah suara Siri, dengan memencet tombol voice command. Kontrol suara dioperasik­an dengan communicat­or di helm yang terhubung dengan Bluetooth. Lebih aman karena konsentras­i tidak terbagi untuk mengoperas­ikan handphone dengan tangan.

Serunya lagi, dengan bantuan Siri mencari alamat atau tempat hanya tinggal mengatakan lokasi yang dituju dalam bahasa inggris. Nanti tinggal Siri yang menunjukka­n arahnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia