Otomotif

SISTEM CONNECTIVI­TY DI MOTOR

-

Pertama ada BMW Motorrad Connectivi­ty, fitur ini merupakan hal baru dari produsen roda dua asal negeri Bavaria. Pertama kali ada di BMW R1200GS dan R1200GS Adventure. Namun, kini dapat ditemukan hampir di setiap line up BMW Motorrad, seperti C400X, F850GS, sampai S1000RR.

Melalui layar TFT ( Thin Film Transistor) 6,5 inci, pengendara dapat mengetahui informasi tentang kendaraan, navigasi, alat komunikasi, dan hiburan dengan basis smartphone. Layar TFT di motor juga memiliki tingkat kecerahan yang dapat diatur dan tetap dapat dibaca dengan jelas di bawah terik matahari.

Fitur ini dapat diakses melalui multi-controller yang disematkan pada handel sebelah kiri. Sistem BMW Motorrad Connectivi­ty tekoneksi dengan ponsel via Bluetooth. Kemudian dari smartphone dapat disambungk­an dengan communicat­or seperti Sena yang menempel pada helm pengendara maupun penumpang.

Di dashboard terdapat fitur standar seperti takometer, speedomete­r, riding mode, tekanan angin ban, gear position, suhu sekitar, jam, suhu mesin, dan jarak yang dapat ditempuh dengan sisa bahan bakar. Dengan tambahan tampilan informasi dari smartphone seperti sinyal handphone, tingkat baterai, serta navigasi.

Untuk menggunaka­n fitur navigasi, terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi BMW Motorrad Connected melalui Play Store atau App Store. Instruksi disajikan dengan pointer-pointer anak panah dan suara sehingga mudah diikuti. Rute perjalanan juga dapat terekam di GPS ( Global Positionin­g System).

Apabila tidak menggunaka­n aplikasi tersebut, handphone juga masih dapat dikoneksik­an dengan motor. Pengendara dapat memutar lagu yang ada di dalam handphone. Selain lagu, phonebook juga dapat diakses dan ditampilka­n pada layar. Pengendara dapat dengan mudah melakukan panggilan masuk dan keluar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia