Otomotif

YAMAHA NMAX MAU PASANG PISTON R15

-

Halo Bang Aant, saya punya Yamaha NMAX 2018, rencananya saya ingin modifikasi performanc­e engine- nya. Modifikasi yang ingin saya lakukan yang minimalis saja. Saya mendapatka­n salah satu informasi modifikasi tersebut adalah dengan mengganti piston standar NMAX dengan piston standar All New Yamaha R15.

Apakah hal tersebut betul bang, dengan penggantia­n piston tersebut dampaknya katanya kompresi di ruang bakar akan naik, apakah sistem pendingin NMAX masih mampu mengakomod­asi kondisi tersebut? Dengan mengganti piston apakah ada modifikasi pada komponen lainnya? Apakah ada efek negatif dari penggantia­n piston ini? Terima kasih Bang Aant.

Eddy Machmud – Bandung, Jawa Barat

Halo juga Kang Eddy, info yang Anda dapat memang benar. Salah satu cara termudah meningkatk­an performa NMAX dengan mengadopsi piston All New R15. Secara ukuran, diameterny­a sama-sama 58 mm, ukuran pin juga sama 14 mm. Bedanya ada di bentuk permukaan piston, milik NMAX agak cekung sedang milik R15 datar. Efeknya jika dipasang

maka rasio kompresi meningkat. Dengan kenaikan rasio kompresi, otomatis ledakan saat pembakaran lebih besar sehingga tenaga meningkat.

Asyiknya, pemasangan piston R15 di NMAX plug and play, tanpa perlu ubahan. Ibaratnya tinggal ceplok saja! Sistem pendingina­n standar juga tentu masih mampu.

Efek negatifnya? Pertama tentu mesti keluar uang untuk belanja piston seharga Rp 195 ribu dan ring Rp 75 ribu, ditambah ongkos bongkar pasang.

Kedua, dengan rasio kompresi lebih tinggi, maka bensin yang digunakan harus sangat diperhatik­an, minimal banget Pertamax atau yang setara, jangan di bawahnya.

Oiya cara ini juga dilakukan Yamaha pada NMAX model 2020, pistonnya juga pakai milik R15 makanya rasio kompresi naik jadi 11,6:1, sehingga tenaga pun lebih besar.

 ??  ?? OTIF OTOM DOK.
OTIF OTOM DOK.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia