Otomotif

PERSIAPAN SEKITAR 6 BULAN

-

Untuk pengembang­an body kit Aventador ini cukup menyita waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. “Butuh waktu sekitar 6 bulan buat saya dan tim mendesain sampai jadi. Bahkan kitabela-belain lembur sampai malam setiap hari loh!” akunya.

Beruntung sohib Kiki, yaitu Boedy, punya 1 unit Aventador yang bisa dipinjam untuk bikin malnya, terutama sepatbor dan bumper depan belakang. “Jadi, kita buat dulu sepatbor dan bumper depan belakang, baru selanjutny­a over fender dan body kit lainnya,” jelas ayah 3 anak ini.

Ternyata proses desain dan pembuatann­ya tidak semudah seperti pada 86. “Kalau 86 kita cukup bikin moulding bagian luar saja, namun tidak demikian untuk Aventador,” kenangnya. Supercar ini memiliki mesin konfiguras­i V12 yang sangat beresiko

overheat jika ada aliran udara yang terhambat.

“Jadi kita harus bikin moulding bagian luar dan dalam body kit, karena bagian dalam ada bagian khusus yang mengalirka­n udara ke rem, radiator dan knalpot. Salah satu ada yang terhambat, bisa bikin mesinnya overheat,” jelasnya.

Singkat cerita, body kit depan-belakang, splitter depan, 4 sepatbor, 4 over fender, 2 fender fin, rear diffuser, serta sepasang sideskirt pun selesai dibuat. Begitu dipasang di mobil Boedy dan dicoba jalan, “Semua aman, mesin gak overheat dan berfungsi normal. Tapi memang ada sedikit adjusment di beberapa bagian sewaktu dipasang. Tapi minor saja kok,” tukas Kiki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia