Otomotif

DIBUAT MENGGUNAKA­N TEKNOLOGI NANO

-

Belakangan

ini curah hujan makin sering, tanda telah masuk musim penghujan. Nah, sebaiknya tingkatkan kewaspadaa­n Anda dalam berkendara ya, karena berkendara di kondisi hujan jelas sangat berbeda dari cuaca normal.

Agar visibilita­s Anda tidak terganggu dalam kondisi hujan, tidak ada salahnya mengaplika­si aksesori tambahan yang bisa membantu menjaga pandangan tetap baik kala berkendara di kondisi hujan. Salah satunya seperti stiker atau lapisan film antifog untuk kaca spion.

O iya, stiker antifog ini sebenarnya bukan lagi barang baru. OTOMOTIF sudah sempat mengulasny­a beberapa edisi silam. Makanya, saat ini sudah cukup banyak merek yang beredar di pasaran. Harganya mulai dari yang Rp 15 ribuan hingga di atas Rp 100 ribuan.

Oke, kali ini kita akan tes produk keluaran Wealthy yang dikasih nama Nano Rainproof Film. Sesuai namanya, lapisan film anti foging Wealthy ini menurut Almus Hidayat, Sales Manager PT Foerch Indonesia selaku distributo­r produk Wealthy, dibuat menggunaka­n teknologi nano.

Kelebihann­ya, “Karena menggunaka­n teknologi nano, ia terdiri dari beberapa lapisan. Makanya stikernya jadi lebih kaku dan tidak mudah baret saat terkena kain lap maupun chamois. Bahkan pernah kami jajal dicuci pakai obat anti jamur, produk ini tidak rusak. Pemasangan­nya juga lebih mudah,” bilang Almus.

Benar saja, dengan kontur yang lebih kaku dibanding stiker antifog sebelumnya yang pernah kami jajal seharga Rp 20 ribuan, Nano Rainproof Film Wealthy lebih mudah diinstal pada kaca Spion Suzuki Ertiga yang jadi bahan praktiknya.

Kemudian untuk kemampuan mencegah muncul embun atau fogging saat hujan, kala kami uji dengan cara menyemprot­kan spion yang sudah terpasang stiker antifog Wealthy tersebut, hasilnya pada area yang sudah terpasang stiker tidak terlihat adanya bintik air atau embun. Sementara di samping-sampingnya ada.

Bahkan ketika kami uji langsung saat kondisi hujan deras, area yang terpasang stiker antifog itu pun masih aman dari kabut air. Sehingga untuk memantau kondisi di samping dan belakang kendaraan, tetap aman.

O iya, saat artikel ini dibuat, pengujian stiker antifog Wealthy ini sudah memasuki minggu ketiga loh,

dan belum ada tanda-tanda stiker anti fog yang dijual di kisaran Rp 110 – 120 ribuan ini mengalami kendala atau kerusakan.

Berbeda saat kami menjajal stiker senada merek lain yang dijual seharga Rp 20 ribuan di pasaran, baru sehari saja stikernya cepat buram. Ditambah mudah baret saat terkena sapuan kain lap atau chamois.

Sayangnya, lantaran bentuk stiker ini membulat, area kaca spion yang tercover jadi kurang banyak. Sehingga ketika hujan deras, untuk memantau kondisi di belakang kendaraan jadi kurang luas. •

 ??  ?? Dalam kemasan berisi 2 buah stiker anti fog serta kain dan tisu basah untuk membantu memudahkan pemasangan
Dalam kemasan berisi 2 buah stiker anti fog serta kain dan tisu basah untuk membantu memudahkan pemasangan
 ??  ?? Bersihkan permukaan kaca spion yang akan ditempeli stiker anti fog menggunaka­n kain yang sudah disediakan dalam kemasan
Bersihkan permukaan kaca spion yang akan ditempeli stiker anti fog menggunaka­n kain yang sudah disediakan dalam kemasan
 ??  ?? Pasang stiker anti fognya pada posisi yang paling nyaman dilihat
Pasang stiker anti fognya pada posisi yang paling nyaman dilihat
 ??  ?? Hasilnya seperti ini
Hasilnya seperti ini
 ??  ?? Dites dengan cara disemprot
Dites dengan cara disemprot

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia