Otomotif

KOMPONEN & PEMASANGAN

-

Untuk memasang kit R3, apa saja yang mesti ditebus? Yang pasti silinder berikut piston beserta ring dan pin. “Selain itu, cylinder head berikut isinya wajib menggunaka­n R3, karena banyak perbedaan seperti klep, per klep hingga retainer dan valve lifter,“ungkap Putra Aryawan, salah satu mekanik Pro Tuner. Selain itu, paking cylinder head juga wajib menggunaka­n milik R3 karena bagian ini rawan bocor.

Sisanya memiliki banyak kesamaan, seperti tutup cylinder head, paking blok, paking knalpot dan karet manifoldny­a. Oiya untuk baut mesin walaupun sama, namun bagian tengah mesti dibubut agar bisa masuk ke kop R3.

Nah setelah semua tersedia, bisa langsung dipasang di crankcase R25 atau MT-25. Pemasangan­nya pun tidak terlalu susah. Seperti halnya memasang silinder dan head asli MT-25.

Piston 68 mm milik YZF-R3 memiliki diameter pin yang sama dengan milik MT25 yaitu 16 mm. Jadi pemasangan tinggal plek saja. Untuk paking blok silinder, milik MT-25 dan R3 serupa. Jadi bisa saling tukar.

Namun tidak dengan paking cylinder head. Karena memiliki lubang berdiamete­r yang beda sesuai ukuran pistonnya, jadi paking orisinal tidak bisa diperbesar.

“Paking cylinder head usahakan

yang asli deh, karena bagian ini sering bocor kalau pakingnya enggak presisi,“wanti Agus sapaan akrab pria asal Kebonjero, Tabanan, Bali ini. “Kalau memang kepepet dan tidak ada, bisa buat sendiri dari pelat tembaga 0,5 mm,“lanjut Agus.

 ??  ?? Biar jadi 321 cc, silinder, piston dan paking pakai milik R3
Biar jadi 321 cc, silinder, piston dan paking pakai milik R3
 ??  ?? FOTO: KETUT
Baut mesti dibubut payungnya dua buah yang untuk bagian tengah mesin
FOTO: KETUT Baut mesti dibubut payungnya dua buah yang untuk bagian tengah mesin
 ??  ?? Cylinder head berikut isinya juga wajib pakai milik R3
Cylinder head berikut isinya juga wajib pakai milik R3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia