Otomotif

PERTEMUAN DUA ‘KAMBING’

- YAMAHAMOTO­GP

Di sirkuit Valencia, Spanyol (9/12) selalu terjadi pertemuan sesama The Goat, eits tapi bukan goat yang berarti kambing ya, melainkan singkatan dari ‘Greatest Of All Time’ atau juga julukan bagi seseorang yang memiliki banyak

prestasi gemilang dalam sebuah ajang. Itu lah yang cocok disematkan pada pertemuan Lewis Hamilton dan Valentino Rossi di Valencia.

Keduanya merupakan pemegang juara dunia F1 dan Motogp dalam jumlah banyak. Pertemuan keduanya untuk bertukar tunggangan, jelas mencuri banyak perhatian. Lewis Hamilton boleh memakai Yamaha YZR-M1 yang dipakai Valentino Rossi musim ini.

Sedangkan Rossi mencicipi sensasi dari Mercedes W08 yang dipakai Hamilton pada F1 2017.

Lho kok mobilnya ‘jadul’? Memang, di F1 terbiasa atau bahkan harus menggunaka­n mobil dengan versi lama jika keperluan komersil, eksebisi, atau kegiatan promosi.

Maka dari itu, Rossi masih memakai mobil Mercedes F1 yang tanpa perangkat Halo dan masih ada ‘sirip hiu’ sebagai penunjang aerodinami­kanya. Tetapi, The Doctor tak mempermasa­lahkannya, menurutnya mobil F1 Mercedes W08 itu tetap bertenaga dan membuatnya seperti pembalap F1 sungguhan.

“Saya mendapatka­n masukan dari Hamilton dengan sangat baik, layaknya rekan setim. Itu adalah salah satu hari terbaik dalam hidup saya, mengendara­i mobil F1 seperti sedang dalam tes pribadi, mobil itu milikku sepenuhnya,” urai Rossi.

Ada sesi di mana Rossi dan Hamilton berkelilin­g sirkuit dengan bertukar tunggangan. Lalu ada sesi lain keduanya sama-sama mengendara­i Yamaha YZR-M1.

Menurut Rossi, Lewis Hamilton sangat pandai dalam mengendara­i motor, seperti pembalap rookie, ia bisa belajar dan beradaptas­i dengan cepat.

“Sebuah mimpi yang jadi nyata. Saya selalu suka dengan sepeda motor sejak kecil, apalagi motor dengan tenaga yang besar. Yamaha YZR-M1 adalah motor yang kompetitif, bisa mengendara­inya bersama sosok seperti Valentino Rossi adalah hal lain dari ‘mimpi liar’ saya. Sebuah hari yang sulit saya lupakan,” urai Hamilton.

Pertemuan ‘ The Goat’ ini juga atas inisiasi Monster Energy yang merupakan sponsor Valentino Rossi dan Lewis Hamilton. Minuman energi itu juga menjadi sponsor bagi Mercedes AMG Petronas

F1 dan Monster Energy Yamaha Motogp. Jelas akan lebih mudah untuk mengatur pertemuan kedua pembalap hebat itu. •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia