Otomotif

WASPADA, CURAH HUJAN MASIH TINGGI

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Bencana banjir dan tanah lonsor yang menerjang Jabodetabe­k di awal tahun 2020 memang luar biasa dahsyat. Karena curah hujan yang turun pun sangat besar.

BMKG menyebutny­a sebagai curah hujan yang mengakibat­kan banjir di Jakarta dengan intensitas tertinggi sejak 154 tahun yang lalu.

Tercatat 377 mm/hari pada awal tahun ini, dimana rekor sebelumnya terjadi pada tahun 2007 (340 mm/ hari).

Dengan curah hujan sebesar dan mendadak itu ditambah lagi ketidaksia­pan mengantisi­pasi luapan air hujan, jelas tidak sedikit memakan korban harta benda, termasuk mobil dan motor.

Ironisnya, mobil dan motor ‘tenggelam’ kembali terjadi di beberapa wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Teringat musibah banjir beberapa tahun silam yang juga melanda Ibukota dan memakan korban kendaraan.

Bagi kendaraan Anda yang menjadi korban kebanjiran, kami turut prihatin. Tetap semangat dan bisa kembali beraktivit­as. Juga bagi mobil atau motor kesayangan yang kelelep air, mudah-mudahan bisa normal lagi.

Untuk langkah penanganan pascakeban­jiran, kami suguhkan aneka tips di edisi ini. Semoga bisa dilakukan sendiri di rumah atau segera bawa ke bengkel kepercayaa­n Anda.

Dan ingat, BMKG mempredika­si curah hujan tingga hingga ekstrem masih akan terjadi di Jawa, Sumatera bagian tengah, Kalimatan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah dan tenggara.

Jadi, tetap berhati-hati dengan datangnya banjir! Terutama menjaga kendaraan dan harta benda lainnya.•

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia