Otomotif

HONDA PCX ENGGAN DINYALAKAN

-

Selamat siang mas. Saya pengguna Honda PCX pembelian Juli 2019. Secara keseluruha­n saya merasa puas dengan performany­a, nyaman, elegan pokoknya memuaskan.

Hanya ada satu kendala mengenai keyless-nya. Berjarak 500 meter dari rumah yang merupakan pusat pertokoan di desa saya, motor tersebut selalu bermasalah. Setiap berhenti tiba-tiba mesin mati blank remote tidak berfungsi. Masalahnya adalah ketika akan dihidupkan lagi tidak bisa. Panel kontak ditekan tidak mau, sehingga tidak bisa untuk menghidupk­an mesin.

Pernah saya sampai memanggil kepala mekanik AHASS daerah saya untuk membantu. Setelah diotak-atik hampir 20 menit baru bisa. Lain waktu dipakai ke tempat yang sama kejadian terulang lagi. Butuh lama panel kontak bisa konek. Saya sudah mengadukan ke AHASS dan motor nginep di sana 1 minggu lebih, karena katanya produk PCX bulan Juli 2019 ada yang bermasalah.

Setelah keluar dari AHASS masih saja terjadi masalah itu. Berhenti sekitar 20 menit di area yang sama, kontak masih tidak bisa langsung nyala. Kemudian karena jalan agak turun saya jalankan 20an meter saya coba lagi baru bisa on.

Kenapa bisa begini ya mas. Dan kabarnya bukan hanya motor saya saja yang berkasus seperti itu. Ada 2 motor PCX lain yang mengalami seperti itu. Mohon jalan keluarnya. Karena saya jadi tidak berani lagi pakai ke area tersebut. Sebagai gambaran kalau memakai Vario 150 istri saya di area tersebut tidak ada kendala sama sekali. Maturnuwun.

Rahmat Said - By email

Selamat siang juga Mas Rahmat. Jadi begini, sistem smart key atau keyless kan berhubunga­n dengan sinyal radio. Nah kinerjanya bisa terganggu jika di daerah tersebut ada sinyal radio yang jauh lebih kuat, misal di dekatnya ada pemancar atau BTS milik operator telepon seluler atau televisi. Atau malah ada sistem pengacak sinyal.

Coba dilihat, di daerah pertokoan tersebut ada yang saya sebutkan tidak? Jika ada, maka patut dicurigai memang sinyal untuk menghidupk­an sistem keyless terganggu, makanya jika motor dipindahka­n menjauh dari area itu bisa normal lagi.

Jika sudah begitu, maka mau tak mau lokasi parkir cari yang agak jauh, agar sistem keyless tak terganggu. Atau benar naik motor lain yang pakai kunci biasa, hehee...

Kalau yang saya sebutkan tak ada, maka perlu diperiksa mendalam sistem keyless-nya, mungkin memang ada kendala jadi perlu dicek lebih mendalam di bengkel resmi, manfaatkan garansinya. Oiya yang bermasalah di beberapa unit keluaran Juli 2019 bukan di sistem keyless, tapi bagian rantai mesin.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia