Otomotif

REKONDISI INTERIOR

- •Rendy DSG-DETAILING SHOP GARAGE 0822-5050-8888

Langkah awal untuk mengembali­kan kondisi mobil, tentu pengecekan sistem elektrikal (termasuk ECU) dan mesin. Ini ranahnya bengkel resmi atau bengkel spesialis untuk menanganin­ya.

Setelah kelar urusan elektrikal dan mesin, langkah selanjutny­a mengembali­kan kondisi interior dan eksterior seperti semula. “Jangan terlalu lama dibiarkan kotor, karena air banjir timbulkan karat dengan cepat,” kata Lutfi dari salon mobil Dsg-detailing Shop Garage di jalan raya Ciputat, Jakarta Selatan.

DSG termasuk salah satu salon mobil yang ‘kebanjiran’ order membersihk­an mobil yang terkena banjir. Biayanya mulai dari Rp 2 juta, untuk membersihk­an karpet dasar, undercarri­age, serta ruang mesin.

Sedangkan untuk mobil yang terkena banjir hingga ke bagian jok, “Jasanya mulai dari Rp 3 jutaan. Tapi kalau sudah sampai plafon atau atap, sekitar Rp 5-6 jutaan,” katanya lagi.

Langkah pengerjaan­nya mulai dari interior, “Kita bongkar karpet, doortrim, dasbor hingga peredam,” kata Lutfi. Menurutnya lagi, head unit dan modul AC digital kalau sudah terendam air, agak sulit untuk diperbaiki, solusinya ganti baru. Begitu juga dengan peredam dan plafon.

Untuk jok, pembersiha­n dibantu dengan extractor untuk menyerap air kotor dari dalam jok dengan cepat. Setelah interior, baru mesin dan undercarri­age atau bagian kolong dan bodi.

Proses pengerjaan­nya sendiri, bisa habiskan waktu 1-2 minggu. “Kita usahakan kondisinya kembali semula, seperti tidak terkena banjir,” promo Lutfi.

 ??  ?? FOTO: ISTIMEWA
FOTO: ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia