Otomotif

TIPS MENERJANG BANJIR

-

Motor standar sebenarnya tidak dirancang untuk melewati genangan air, apalagi bebek dan skutik yang posisi mesinnya rendah, kecuali motor Anda tipe dual purpose atau adventure. Namun, apabila terpaksa dan keadaan memungkink­an ada beberapa hal yang harus diperhatik­an saat melewati genangan air.

Pertama lihat dulu seberapa dalam air yang akan dilewati. Batas aman yaitu jangan sampai melebihi filter atau intake motor serta lubang knalpot. Jika air masuk ke saluran udara beriko terjadi water hammer. Kalau sudah begini mesin bakal rontok dan Anda pun harus mengeluark­an biaya yang cukup besar untuk membetulka­nnya.

Beberapa kasus ekstrem seperti Bajaj Pulsar 200NS yang sempat heboh beberapa tahun silam dapat menembus banjir sampai lebih dari setengah tinggi motor. Hal tersebut karena lokasi intake mesin yang terletak di bawah tangki dan di balik sasis. Posisinya yang tinggi membuatnya aman dari air. Selain itu Pulsar 200NS turut dilengkapi dengan tiga buah busi yang membuat survivabil­ity-nya tinggi.

Setelah melewati genangan air pun jangan langsung melenggang jalan. Pastikan tidak ada air yang masuk ke saringan udara dan keringkan sistem kelistrika­n jika basah. Yang tak kalah penting yaitu sistem pengereman. Jangan sampai ada kotoran yang menyangkut, terutama di cakram dan teromol belakang serta pastikan kaliper tidak macet ketika digunakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia