Otomotif

KENA RACUN SAHABAT

SCRAMBLER BIAR ENAK BUAT HARIAN

-

Sahabat memang bisa memberi pengaruh besar. Seperti Alexander Zulkarnain yang awalnya gak pernah main motor, malah sampai memodifika­si. “Ini karena diajak riding terus sama sahabat,”sebutnya. Siapa tuh?

Awalnya mencari motor yang tepat dan langsung dibawa ke bengkel DJ Custom, yang juga rekomendas­i dari sahabatnya. “Karena sebelumnya sahabatnya pernah modifikasi di bengkel saya,” sahut Deddy Dermawanto owner DJ Custom.

Konsep dipilih scrambler, yang tetap mengedepan­kan kenyamanan karena akan dipakai harian.“owner kasih beberapa referensi gambar, lalu saya buatkan sketsa tangki, rangka, sepatbor, jok, dan undercowl. Setelah owner setuju langsung memilih part yang akan diganti,” lanjut Deddy yang bengkelnya ada di bilangan Jl. Raya Cikunir, Bekasi. Tangki bawaan langsung dilengserk­an dengan wadah bensin custom buatan DJ Custom.“dibuat baru, bahannya pakai pelat galvanis tebal 1,2 mm. Prosesnya agak susah karena kan ada fuel pump, jadi lebih susah bikin bagian bawahnya karena mentok area mesin,”rincinya.

Lalu rangka belakang dibuat knock down dengan desain yang lebih datar.“agar bisa bongkar pasang, jadi kalau mau distandari­n lagi tetap bisa. Tapi rangka belakangny­a ini harus dibuat ekstra, harus kuat dengan rangka knock downnya,”tambah pria ramah ini. Berikutnya

undercowl juga bikin baru berbahan fiberglass.

Pengerjaan lanjut ganti suspensi depan pakai Nui Racing. “Upside down-nya universal, jadi perlu ada ubahan. As komstirnya dibubut seukuran dengan as komstir asli ER-6N. Lalu dibuatkan braket kaliper dan boshing roda depan,” lanjut pria asal Tegal, Jateng ini.

Sebagai tahap akhir bodinya dilabur warna putih sesuai dengan warna di Stnk,“dikombinas­i warna merah biar Indonesia banget. Lama pengerjaan­nya sekitar 2 bulan,” tutupnya.

Pertanyaan­nya, siapa sahabat penebar racun main motor itu? •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Rangka custom dibuat knock down dengan desain lebih landai
Rangka custom dibuat knock down dengan desain lebih landai
 ??  ?? Ban pattern kasar dipadu sok upside down bikin kaki-kaki lebih sangar
Ban pattern kasar dipadu sok upside down bikin kaki-kaki lebih sangar
 ?? FOTO: FARIZ ?? Daymaker bikin kesan retro tapi tetap modern
Silencer ganda berbahan terpasang di bawah mesin besarnya, blaarrr…
FOTO: FARIZ Daymaker bikin kesan retro tapi tetap modern Silencer ganda berbahan terpasang di bawah mesin besarnya, blaarrr…
 ??  ?? carbon
carbon

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia