Otomotif

MOTOR BARU, KELAS BARU

- DAB

Saat ditemui OTOMOTIF beberapa waktu lalu, Galang Hendra Pratama sempat menutupi kelas balap yang akan diikutinya tahun ini. Meski dirinya tetap mengonfirm­asi kalau akan tetap di dalam kancah World Superbike.

Namun pada Kamis (19/12), Galang yang menjadi binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI) dan juga Yamaha Motor Eropa secara resmi diumumkan akan ikut World Supersport 600 (WSSP600) musim kompetisi 2020 ini. Ia akan bernaung di BLU CRU Yamaha Worldssp by MS Racing bersama Andy Verdoia sebagai rekan setim.

“Kalau aku naik kelas nanti

(ke WSSP600) ya pasti akan berusaha sebaik mungkin. Karena itu kepercayaa­n baru dan juga kesempatan baru buat aku kan. Harus terbiasa sama motor gede Yamaha YZF-R6, optimis untuk bisa bagus karena banyak R6 kan motor paling kompetitif di WSSP600 sekarang,” ujar pembalap asal D.i.yogyakarta itu.

Tak heran dari unggahan Galang di Instagram pribadinya kalau dia sering latihan menggunaka­n New Yamaha YZF-R6 beberapa bulan terakhir. Tujuannya supaya lebih terbiasa dengan motor empat silinder itu untuk tes di Jerez, Spanyol pada Januari ini.

Tes tersebut juga menjadi ‘pedekate’ pertama dengan motor barunya yang lebih besar dan bertenaga. Karena BLU CRU Yamaha Worldssp by MS Racing merupakan tim yang didukung langsung pabrikan Yamaha Motor Eropa, seharusnya Galang dan Andy yang menjadi duet akan punya kesempatan bagus untuk kompetitif.

“Galang dan Andy adalah dua pembalap muda paling berbakat yang kami miliki saat ini. Mereka punya mental bagus untuk berkompeti­si di kelas yang lebih tinggi. Dengan hasil yang mereka dapat di kelas WSSP300, saya yakin mereka bisa beradaptas­i dengan cepat,” kata Andrea Dosoli,

Manajer Road Racing Yamaha Motor Eropa.

JANGAN TERLENA

Meski mendapatka­n dukungan pabrikan, Galang tidak bisa lekas bersantai. Karena tim-tim Yamaha lainnya seperti Kallio Racing yang mengandalk­an Isaac Vinales mengejar gelar juara dunia 2020.

Pun dengan mantan pembalap Moto3, Can Oncu yang pindah kompetisi ke WSSP600 bersama Turkish Kawasaki. Can Oncu ini bisa menjadi patokan awal Galang untuk menguji kemampuann­ya, karena keduanya sama-sama rookie yang kompetitif. Bedanya tahun lalu Oncu ikut balap motor prototype di Moto3.

Tapi yang terpenting bagi Galang, fokus untuk kelas baru dan petualanga­n barunya. Warga Indonesia mendukungm­u, semangat! •

 ?? YIMM ??
YIMM
 ?? DOK. PRIBADI GALANG HENDRA ?? Galang Hendra kian berlatih dengan Yamaha YZF-R6 di sirkuit Sentul
DOK. PRIBADI GALANG HENDRA Galang Hendra kian berlatih dengan Yamaha YZF-R6 di sirkuit Sentul

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia