Otomotif

PERAWATAN BAN SEREP

- Rendy

Sebagian besar mobil yang dijual di Indonesia, dibekali dengan ban cadangan atau serep. Biasanya ada dua jenis ban serep yang digunakan yaitu tipe full size dan tipe space saver.

Mobil yang dibekali ban serep full size, menggunaka­n ukuran pelek dan ban sama dengan yang dipakai pada keempat ban standar. “Biasanya dimensi ban sama, hanya menggunaka­n pelek kaleng,”kata Eddy Thendian, dari gerai ban Autoplus, di bilangan Pluit, Jakarta Utara.

Penggunaan ban cadangan menggunaka­n pelek kaleng ada gunanya, agar pemilik selalu ingat untuk mengganti ban ketika sedang menggunaka­n serep.

Ban cadangan juga ada yang ukurannya mungil, biasa disebut space saver. Biasanya pabrikan menggunaka­n ban ini untuk memaksimal­kan ruang bagi mobil-mobil penumpang. Sebagian orang menyebutny­a sebagai donat. Mungil lantaran spek ukurannya lebih kecil daripada ban aslinya.

Misalnya saja Toyota Nav1 yang mengggunak­an ban standar berukuran 205/60R16, dibekali ban cadangan jauh lebih kecil, dengan ukuran T145/70 dengan pelek kaleng 17 inci. Awalan huruf T di kode ban serep, merupakan kependekan dari temporary atau sementara.

Lantaran temporary, ban cadangan model ini juga punya batas kecepatan maksimal. Rata-rata ban space saver punya kecepatan maksimum antara 60-80 km/ jam.

Tekanan angin di ban serep space saver juga biasanya di angka 60 psi. O iya, yang mesti diingat,“tekanan angin ban bisa berkurang dengan sendirinya walaupun tidak dipakai dalam waktu lama. Karena perbedaan suhu di dalam dan luar ban yang menyebabka­n perpindaha­n udara melalui pori-pori yang sangat kecil,” katanya lagi.

PERLU PERAWATAN

Walaupun jarang digunakan, ban serep perlu pengecekan dan perawatan, “Ada baiknya rutin lakukan pengecekan, sebulan sekali lah. Umumnya setiap servis rutin di bengkel resmi, pengecekan tekanan angin ban serep juga mesti dilakukan,” katanya lagi. Jangan sampai ketika dalam keadaan darurat dan memerlukan ban cadangan, kondisinya tidak bisa digunakan.

Lantas kapankan ban serep mesti diganti? “Selagi kondisi fisik ban masih dalam keadaan baik, baik kembangan dan tingkat masih aman kok,” kata Eddy lagi. Maksudnya, umur ban dilihat dari kondisinya. Jika masih kenyal dan tidak ada retak, bisa tetap digunakan.

Namun, jika sudah terlalu getas, sebaiknya segera diganti. Terutama jika kembang ban sudah menyentuh tanda TWI (Tread Wear Indicator) yang ada di antara kembang ban.

Nah, cek kondisi ban serep juga mesti dilakukan buat mobil yang posisi ban serepnya ada di bagian luar, atau kolong. Jangan sampai tidak diperhatik­an lantaran tak nampak di mata.

Kondisi kotor lantaran debu, lumpur atau air memang wajar, lantaran posisinya yang di bawah. “Sebaiknya sebulan sekali lakukan perawatan kebersihan bagian kolong, atau undercarri­age cleaning,” kata Ricky dari salon mobil Clean n Tidy, Serpong.

Selain membersihk­an komponen kaki-kaki, ban serep juga ikut dibikin kinclong. Pemilik juga wajib tahu cara bongkar atau menurunkan­nya, “Tidak sulit, hanya putar baut dengan kunci roda, kalau agak susah, itu karena kotoran tebal, bisa semprotkan dulu cairan penetran, agar lancar,” tambah Eddy.

Saat menaikkan kembali, “Jangan terlalu kencang, takutnya justru dinding ban akan tergencet,”tutupnya lagi. •

 ??  ?? FOTO:DOK.OTOMOTIF
FOTO:DOK.OTOMOTIF
 ??  ?? Karena posisinya di kolong, usahakan cek kondisinya sebulan sekali
Karena posisinya di kolong, usahakan cek kondisinya sebulan sekali
 ??  ?? Ban space saver punya batas kecepatan maksimal hanya 60-80 km/jam
Ban space saver punya batas kecepatan maksimal hanya 60-80 km/jam

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia