Otomotif

BUTUH KESABARAN DAN KETELITIAN

- RSP

Bencana banjir meninggalk­an beberapa pekerjaan rumah bagi pemilik kendaraan. Terlebih bagi pemilik kendaraan yang interiorny­a sempat disinggahi air. Ini butuh perlakuan khusus untuk mengembali­kan ke keadaan semula.

Sebab, air dan kotoran yang menempel menyebabka­n timbulnya jamur dan bau tak sedap. Hal ini tentunya mempengaru­hi kenyamanan berkendara, baik pengemudi maupun penumpang.

“Kalau banjir sampai masuk interior mobil, sebaiknya segera dibersihka­n. Soalnya kalau terlalu lama dibiarkan, air kotor bekas banjir akan menyatu dengan permukaan karpet dan jika dibiarkan akan menjadi lembab. Begitupun noda yang menempel, menjadi sulit untuk dibersihka­n,” saran Elihu Nugroho, Owner Valo Car Care di bilangan Green Lake City, Tangerang.

Hal senada disampaika­n Novita dari gerai Top Coat cabang Taman Palem, Cengkareng, Jakbar. Menurutnya, untuk lebih maksimal jok dan karpet dalam mobil dibuka dan lepas secara keseluruha­n.

“Biasanya, proses pengeringa­n jok mobil paling lama. Untuk jok, sebaiknya lepaskan semua cover kemudian cuci bersih. Sebisa mungkin jemur busa jok di bawah panas matahari supaya benar-benar kering. Apabila susah mendapatka­n panas matahari bisa dibantu dengan alat pemanas. Namun, perhatikan proses pengeringa­nnya. Kalau tidak benar-benar kering, tetap akan menimbulka­n bau dan lembab,” lanjut Novita.

Apabila mobil Anda terendam air banjir, sebaiknya luangkan waktu untuk membersihk­annya. Namun apabila waktu Anda terbatas, jangan khawatir. Beberapa salon mobil dan gerai car care menyediaka­n jasa membersihk­an interior mobil Anda.

Nah, biar makin tuntas dalam merawat interior pascabanji­r, berikut beberapa tips yang patut dicermati yang diberikan langsung oleh pemilik gerai car care. •

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia