Otomotif

REPARASI PELEK MOBIL PEYANG & RETAK

- Rendy

Terkadang jalanan dengan kontur berlubang, kerap tak terlihat oleh mata pengemudi. Begitu‘main’hajar, efek negatifnya bisa menciptaka­n kerusakan pada bagian ban dan pelek. Apalagi bila dalam kecepatan tinggi.

Kerusakan pada pelek usai hajar lubang, umumnya terjadi perubahan bentuk alias peyang di bagian tertentu. Dampak yang kadang dirasakan, lari mobil bakal terasa bergetar. Paling bisa terlihat kalau peyangnya di bagian bibir pelek.

Kalau peyangnya tidak terlalu parah atau minor, bisa saja direparasi. “Bisa peyang atau juga grepes karena bergesekan dengan bibir lubang jalan,” kata Mulyono, mekanik bubut senior dari bengkel Gelora Teknik Sarinande, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Bengkel ini termasuk salah satu bengkel bubut spesialis untuk memperbaik­i pelek peyang, retak atau pecah. Untuk proses reparasi pelek peyang sebenarnya tidak terlalu lama,“kisaran maksimal 3 jam sudah selesai,”kata Mulyono lagi.

Langkah awal reparasi, biasanya pelek diputar di mesin putar bubut. Saat diputar, kondisi pelek peyang biasanya terlihat jelas.

Setelah itu biasanya bagian yang peyang dipanasi agar strukturny­a lebih lunak, lantas menggunaka­n press hidrolik, bagian tersebut dipress hingga lekukannya kembali semula.

Tingkat presisinya dibantu dengan jarum indikator,“kalau ternyata bagian bibir pelek masih belum rata, jarum itu akan berdenting menunjukan bahwa proses kerja belum optimal,”katanya lagi. Untuk kerusakan yang cukup besar, pembubutan dan pemapasan agar tetap simetris, menurutnya kadang dibutuhkan.

Namun ada bagian pelek yang tidak bisa direparasi,“terutama bagian batang atau face, atau dekat dengan lubang baut. Ini tidak bisa direparasi untuk alasan safety,”tukas Mulyono.

Soal biaya, Mulyono kasih harga mulai dari Rp 200 ribu untuk reparasi pelek peyang dan retak. •

 ?? FOTO: DOK. OTOMOTIF ??
FOTO: DOK. OTOMOTIF
 ??  ??
 ??  ?? Agar kembali seimbang, setelah direparasi, pelek di-balancing kembali
Agar kembali seimbang, setelah direparasi, pelek di-balancing kembali

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia