Otomotif

MOTOR TERLARIS DI DUNIA

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Coba tebak, motor apa di dunia ini yang paling laris atau laku terjual 10 tahun kebelakang? Harley-davidson Sporster, Honda CBR1000, Yamaha YZF-R1, Kawasaki ZX-11, Ducati 1089, Suzuki Hayabusa. Bukannnn bro…

Enggak usah jauh-jauh, motornya ada di Indonesia kok! Dan hanya sebuah motor matik alias skutik (skuter matik) keluaran Honda. Persisnya Honda BEAT. Iya, Honda BEAT!

Bayangkan, sejak kelahirann­ya hingga kini, Honda BEAT sudah terjual sebanyak 17 juta unit, hanya di Indonesia.

Belum termasuk yang dipasarkan ke negara lain melalui skema ekspor CBU maupun CKD.

Setelah menjalani tahun ke12, minggu lalu Honda akhirnya melakukan perubahan yang signifikan dengan nama All New BEAT. Terutama memakai mesin dan sasis baru yang diklaim lebih ringan dan hemat BBM.

Akankah All New BEAT kembali menjadi raja? Raja di kelas matik, raja di semua model dan varian motor di Indonesia? Bahkan raja di seluruh dunia? Kita doakan saja rekor lagi dari Tanah Air.

Nah, mau tahu lebih detail perubahan yang terjadi pada All New BEAT, kami langsung melakukan first ride untuk pembaca setia OTOMOTIF. Silakan baca di halaman 16 ya.

Masih bicara produk baru, kali ini datang dari Kia, brand asal Korea Selatan yang kini dipegang oleh Indomobil Group. Yes, sebuah SUV 5-seater berkapasit­as mesin 1.400 cc Turbocharg­ed dengan 7-percepatan DCT.

Selain desain Seltos ala SUV Eropa serta fitur lengkap, juga harga ditawarkan­nya cukup menggiurka­n. Bayangkan sebuah SUV hanya dibanderol mulai Rp 295 sampai

Rp 355 juta (OTR Jakarta). Coba bandingkan price list medium SUV Jepang. Bisa jadi alternatif kan?

Lalu, masih ingat Mercy Cibo, itu loh C180 yang sempat terkenal di tahun 2000-an? Setelah tidak diproduksi lagi sejak tahun 2013 - 2014, akhirnya Mercedesbe­nz Indonesia kembali memasarkan­nya.

Menarik banget buat anakanak muda maupun eksekutif muda yang pengin sedan mewah, brand Mercy namun harga masih terjangkau. Cocok…!•

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia