Otomotif

WAJIB LAKUKAN HEAVY SERVICE

- Rendy

Proses pembersiha­n mobil yang terkena banjir, semestinya tak hanya dilakukan pada bagian yang terlihat saja, seperti interior, eksterior dan juga mesin. Sebab, ada juga sistem vital lain yang butuh dicek, seperti kelistrika­n dan AC.

Khusus sistem AC, sangat dianjurkan bahkan wajib dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Salah satu penyedia komponen dan sistem AC, yakni Denso, menyebutny­a heavy service.

Heavy service atau servis besar, adalah pengecekan menyeluruh pada komponen AC di dua bagian, di luar kabin, dan dalam kabin.

Untuk pengecekan komponen AC di luar kabin, ada beberapa komponen besar yang wajib dicek. Pertama adalah magnetic clutch di bagian kompresor. Sebab, kalau sampai terendam dan terkena karat, akan berisiko macet.

“Kalau kondisi masih bisa dibersihka­n, ya cukup dibersihka­n saja. Tapi kalau sudah parah, ya mesti ganti baru,” kata Susanto, dari Coolkars, bengkel resmi Denso di Gading Serpong, Tangerang. O iya, dalam magnetic clutch ada dua komponen yang harus dicek, yaitu laher dan bagian koil. Untuk kompresorn­ya sendiri bila sampai terendam, biasanya tidak ada indikasi air masuk ke bagian dalam kompresor, kecuali kalau ada kebocoran. Namun pastikan komponen magnetic clutch kondisinya baik, agar kompresorn­ya tidak luka dan berakibat rusak. “Komponen kompresor termasuk yang paling mahal. Contohnya untuk Avanza, harganya berkisar Rp 3,5 juta,” katanya.

Komponen kedua yang dicek adalah kondensor, “Pembersiha­n kondensor tidak bisa hanya disemprot dari luar, mesti bongkar atau turun, karena lumpur atau sampah nyelip di antara kondensor dan radiator,” jelas Susanto lagi.

Pengecekan kelistrika­n AC juga dilakukan, terutama bagian motor fan, “Kalau sudah terendam sampai di atas kap mesin, lebih baik ganti, karena berisiko korsleting,”katanya lagi.

Komponen AC di kabin mobil juga mesti dilakukan pembersiha­n total.“kisikisi AC biasanya jadi saluran masuknya kotoran atau sampah bersama air,” terang Susanto.

Air yang masuk ke dalam mobil, dari berbagai macam sumber dan jenis kotoran, khawatirny­a membawa virus, penyakit dan juga bau. Karena akan meninggalk­an kotoran di saluran AC yang langsung kita hirup saat dinyalakan.

Kalau sudah begini, dasbor mesti dibongkar, dan satu cooling unit, saluran AC termasuk ganti filter AC, pembersiha­n ducting hingga evaporator.

Untuk pengerjaan bersih-bersih AC ini, membutuhka­n waktu sekitar 4 jam. Coolkars Denso sendiri berikan paket penanganan AC pascabanji­r, “Saat ini kami berikan harga khusus dibandingk­an jasa perawatan heavy service biasa,”katanya lagi.

Biasanya, paket perawatan heavy service atau servis besar Denso berkisar di angka Rp 1,9 juta.“tapi untuk paket penanganan AC pascabanji­r, kita berikan harga hanya Rp 1,3 juta, termasuk penggantia­n filter, dryer, freon, ekspansi serta flushing,”tambahnya.

Namun harga tersebut tidak termasuk penggantia­n komponen besar loh. •

COOLKARS, Gading Serpong, Tangerang Tlp. (021) 29014725

 ??  ?? AGAR SIRKULASI AC TETAP BERSIH, DAN KOMPONEN AC AWET
Bongkar dasbor, satu cooling unit mesti diangkat untuk bersihkan total
Untuk proses pengerjaan pembersiha­n AC pasca banjir sekitar 4 jam
AGAR SIRKULASI AC TETAP BERSIH, DAN KOMPONEN AC AWET Bongkar dasbor, satu cooling unit mesti diangkat untuk bersihkan total Untuk proses pengerjaan pembersiha­n AC pasca banjir sekitar 4 jam
 ??  ?? Lakukan pengecekan paska banjir, agar tidak alami kerusakan komponen AC yang biayanya tidak murah
Lakukan pengecekan paska banjir, agar tidak alami kerusakan komponen AC yang biayanya tidak murah
 ??  ??
 ??  ?? Bagian kelistrika­n AC yang ikut dicek adalah motor fan, air biasanya masuk antara rotor dan motor
Bagian kelistrika­n AC yang ikut dicek adalah motor fan, air biasanya masuk antara rotor dan motor

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia