Otomotif

PENDINGIN TERBARU

- Rendy

Tren sistem penerangan LED kian hari semakin berkembang. Berbagai teknologi coba diterapkan, agar jenis lampu ini selain punya tingkat keterangan cahaya yang baik, juga mesti didukung oleh kualitas produk, termasuk sistem pendingina­n yang lebih baik.

Nah, CV Sampurna Part Niaga (SPN), pemegang merek produk lampu Autovision, Selasa lalu (14/1) meluncurka­n empat produk LED Autovision sekaligus. Acara tersebut berlangsun­g di Autovision Showroom Service Center di Green Lake City, Semanan, Jakarta Barat.

Kempat produk tersebut terdiri dari 3 produk LED untuk headlamp, dan satu produk foglamp. “Teknologi LED makin berkembang dan diprediksi menjadi tren di 2020. Hal ini ditunjang dengan kualitas yang semakin baik, cahaya yang lebih terang dari lampu bawaan mobil, sistem pendingina­n makin baik, dan usia pakai lebih panjang,” buka Lily Hernawan Direktur SPN.

Dari empat produk LED, tiga jenis yang ditawarkan untuk peruntukan headlamp adalah LED Headlight Carbon M1, Carbon P1, Carbon LCS. Sedangkan Nano G1 diperuntuk­an bagi foglamp.

Menurut Lily, semua produk tersebut dibekali sistem plug and play. “Selain mudah dan praktis, saat instalasi tidak perlu memotong kabel atau mengubah konstruksi rumah lampu mobil kesayangan. Soket pada masing-masing LED Autovison ini telah disesuaika­n dengan soket asli bawaan kendaraan,” katanya lagi.

Salah satu teknologi baru yang diaplikasi pada LED ini adalah desain sistem pendingina­n yang lebih baik. Walaupun suhu LED lebih dingin dibandingk­an halogen dan HID, namun unsur panas di LED mampu menurunkan kualitas sinar LED.

“Tipe P1 dan LCS menggunaka­n jenis liquid cooling system, menggunaka­n tabung vakum berbahan dasar tembaga (cooper), yang dibikin satu dengan PCB. Di dalamnya berisi cairan, yang saat terkena panas, ia bersirkula­si. Serta didinginka­n pula oleh kipas, efeknya pendingina­n jauh lebih cepat,” klaim Lily.

Untuk garansi, Autovision kasih garansi 2 tahun untuk 3 tipe LED headlamp, dan 1 tahun untuk tipe foglamp. Saat peluncuran produk

LED ini, SPN turut mengganden­g komunitas Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC).

“Kami menghadirk­an beberapa mobil Mitsubishi Xpander sekaligus mengaplika­si lampu Autovision LED Headlight terbaru. Jadi, bisa langsung terlihat perbedaan antara lampu standar bawaan pabrik dan cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED Autovision,” jelas Anggi Moanissa selaku Humas X-MOC, selaku Humas X-MOC. •

 ?? FOTO: RENDY ?? LEBIH DINGIN, KUALITAS CAHAYA LEBIH BAIK
FOTO: RENDY LEBIH DINGIN, KUALITAS CAHAYA LEBIH BAIK
 ??  ?? Ikut mencoba produk terbaru lampu LED Autovision yang diklaim tidak panas, lebih hemat daya listrik dan lebih terang dari standarnya
Ikut mencoba produk terbaru lampu LED Autovision yang diklaim tidak panas, lebih hemat daya listrik dan lebih terang dari standarnya
 ??  ?? Keluhan sebagian pengguna Xpander lantaran lampu utamanya yang diklaim kurang terang, membuat komunitas X-MOC
Keluhan sebagian pengguna Xpander lantaran lampu utamanya yang diklaim kurang terang, membuat komunitas X-MOC
 ??  ?? Teknologi pendingina­n menggunaka­n tabung vakum berbahan dasar tembaga (cooper), yang dibikin satu dengan PCB
Teknologi pendingina­n menggunaka­n tabung vakum berbahan dasar tembaga (cooper), yang dibikin satu dengan PCB
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia