Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Membahas fitur, pertama melihat spidometer­nya. Meski informasi yang ditampilka­n sama seperti generasi sebelumnya, ada indikator lampu jauh, sein, check engine, dan ECO lamp tapi ada perubahan layout.

Sekarang rentetan lampu indikatorn­ya ada di atas, selebihnya latar analog penunjuk kecepatan dan layar digital mungil berisi informasi bensin dan odometerny­a yang sekarang berlatar biru.

Seperti disinggung Dohi-san di awal, lampu utama kini pakai LED, sementara lampu rem dan sein masih pakai bohlam biasa. Fitur standar BEAT lainnya tetap ada, seperti side stand switch, parking brake lock, dan ban tubeless.

Dari sektor rangka, All New BEAT pakai teknologi ESAF (enhanced Smart Architectu­re Frame), yang pertama dipakai di Honda Genio, karena secara platform rangka dan mesin memang dari Genio.

Sasis ESAF yang lebih ringan ini dibuat dari lembaran baja yang dipres dan dilas, dengan proses laser welding seperti rangka mobil.

“Ada pemangkasa­n bobot rangka hingga 8 persen,” tambah Dohi-san.

Maka wajar kalau bobot BEAT terbaru lebih ringan dibanding generasi sebelumnya, yang CBS-ISS dari 93 kg menjadi 90 kg, sedang yang CBS cuma 89 kg.

Tak hanya berkontrib­usi pada bobot jadi lebih ringan, tapi rangka ESAF juga berperan terhadap handling. “Handling dan kenyamanan berkendara bisa jauh lebih baik dari BEAT sebelumnya. Mau riding sendiri atau berbonceng­an rangka tetap stabil dan tahan dari pembengkok­an,” terang pria asal Jepang yang cukup fasih berbahasa Indonesia ini.

Berkat rangka baru juga, All New BEAT punya bagasi yang sedikit lebih besar. Dari 11 liter jadi 12 liter. Begitu juga tangki bensin yang awalnya cuma 4 liter jadi 4,2 liter, lumayan kan?

Oiya buka joknya kini juga gak pake ribet mesti colok kunci ke belakang, karena tinggal pencet tombol di sebelah kunci kontak yang dikasih pengaman magnet seperti

Vario.

Khusus All New BEAT tipe CBS-ISS dan Deluxe ada fitur baru, di bawah kunci kontak terdapat power outlet untuk mengisi daya smartphone yang dilengkapi penutup, jadi kalau tidak digunakan bisa ditutup sehingga terlihat rapi menyatu bodi. Sedang di sebelah kiri ada komparteme­n yang cukup dalam.

 ??  ?? Kapasitas bagasi dan tangki bensin sedikit lebih besar dibanding generasi sebelumnya
Kapasitas bagasi dan tangki bensin sedikit lebih besar dibanding generasi sebelumnya
 ??  ?? Kunci kontak model baru yang menyatu dengan pembuka jok
Kunci kontak model baru yang menyatu dengan pembuka jok
 ??  ?? Tipe ISS dan Deluxe dilengkapi dengan power outlet di bawah kunci kontaknya
Tipe ISS dan Deluxe dilengkapi dengan power outlet di bawah kunci kontaknya
 ??  ?? Layout spidometer diperbahar­ui dengan latar biru yang lebih segar
Layout spidometer diperbahar­ui dengan latar biru yang lebih segar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia