Otomotif

TAMBAH UDARA = TAMBAH TENAGA

- Fariz

Throttle body (TB) pada sistem injeksi merupakan pintu gerbang jalur masuknya udara menuju ruang bakar. Diameter TB berhubunga­n dengan tenaga yang dihasilkan, semakin besar ukuran maka udara yang bisa masuk juga makin banyak, memungkink­an tenaga yang dihasilkan juga lebih besar.

Di kalangan skutik Vespa modern, yang bermesin 4 tak injeksi, membesarka­n TB sedang ramai, walaupun belum ada yang khusus untuk Vespa, sehingga perlu custom dari motor lain.

“Bisa pakai aftermarke­t buat Yamaha atau Honda, yang penting tahu jalur kabel Throttle Position Sensor (Tps)nya. Karena kabel TPS Vespa perlu dipotong, lalu disesuaika­n dengan TPS barunya,” buka Yudi Hermawan, mekanik Seventeen Garage yang sedang ramai mengerjaka­n penggantia­n TB di Vespa.

Setelah tahu jalur kabel dan berhasil mengubahny­a sesuai soket TPS baru, perlu juga menentukan diameter TB agar pas dengan spek motor. Karena kalau kebesaran justru mesin akan ngok kebanyakan udara.

“TB standar Vespa itu 26 mm. Kalau sudah bore up tapi klep masih standar cukup naik jadi 30 mm, kalau klep sudah diperbesar bisa pakai 32 mm sampai 33 mm,” sambung Pede panggilan nyohornya.

TB aftermarke­t dijual berikut dengan intake, namun bisa juga tetap menggunaka­n intake bawaan Vespa. “Kalau pakai intake standar enaknya masih bisa pakai filter udara, tapi perlu besarin lubang intake supaya angin gak nabrak karena diameter TB sudah besar. Kalau pakai intake aftermarke­t posisi TB jadi tegak, lalu perlu bikin pegangan baut karena Vespa pakai 3 baut,” sambung pria yang bengkelnya ada di Jl. Taman Galaxy Raya No.291, Bekasi.

Efek penggantia­n TB akan berpengaru­h terhadap tenaga mesin. “Tentu nafas motor akan lebih panjang. Tenaga dari putaran tengah sampai atas kerasa lebih ngisi. Total pengerjaan mengubah semuanya sampai terima beres menggunaka­n TB Kawahara biayanya Rp 1,5 juta,” rinci Pede.

Selain merek Kawahara, ada juga beberapa merek lain yang bisa dilirik, seperti 4S1M asal Filipina dan KYT Kytaco asal Taiwan dengan range harga Rp 735-850 ribu. Tapi belum berikut jasa mengubah kabel TPS dan intake yah! •

SEVENTEEN GARAGE 0856-103-3538

 ?? FOTO: FARIZ ??
FOTO: FARIZ
 ??  ?? Selain Kawahara ada pilihan merek lain seperti KTC Kytaco dan 4S1M
Selain Kawahara ada pilihan merek lain seperti KTC Kytaco dan 4S1M
 ??  ?? Soket disesuaika­n dengan TPS baru, kabelnya jangan sampai salah!
Soket disesuaika­n dengan TPS baru, kabelnya jangan sampai salah!
 ??  ??
 ??  ?? Pakai intake aftermarke­t posisi TB jadi tegak, tapi perlu ubah dudukan intake sesuai dengan Vespa (kanan)
Pakai intake aftermarke­t posisi TB jadi tegak, tapi perlu ubah dudukan intake sesuai dengan Vespa (kanan)
 ??  ?? Bisa pakai intake standar, tapi harus dibesarkan supaya angin gak nabrak
Bisa pakai intake standar, tapi harus dibesarkan supaya angin gak nabrak

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia