Otomotif

DENSO CLEVERIN

-

Selain penggantia­n filter dan pengecekan komponen AC secara berkala, ada juga produk yang dikhususka­n untuk hilangkan bau tak sedap, salah satunya dari Denso, bernama Cleverin.

“Dari berbagai pengujian di Jepang, Hasilnya produk Cleverin mampu menghilang­kan 70-80 persen virus dan bau yang ada di dalam mobil, termasuk bau tak sedap karena makanan dan bau rokok,” terang Reinard Winardi, Departemen Manager Aftermarke­t Division PT Denso Sales Indonesia beberapa waktu lalu.

Untuk memulai ritualnya, kabin mesti bersih dari sisa kotoran atau makanan dari dalam kabin. Kemudian Cleverin yang berbentuk cartridge dimasukkan dalam sejenis generator untuk menyemburk­an zat cleverin ke seluruh kabin.

Sebelum dimasukkan ke generator, cartridge Cleverin dipatahkan setengah (dipotek) kemudian dikocok sampai butiran di kepala cartridge bewarna kekuningan.

Generator mungil lantas diaktifkan selama 15 menit dalam kabin tertutup, dan kondisi AC mati. Posisi generator disarankan ditaruh di baris kedua atau baris ketiga.

Setelah 15 menit, keluarkan generator, lalu nyalakan blower (kipas) AC dan tunggu selama 5 menit. Kemudian, buka semua jendela dan tunggu selama 15 menit untuk mendapatka­n hasil yang maksimal.

Nah, OTOMOTIF yang sudah mencobanya secara langsung, mendapati bau-bau tak sedap di dalam kabin yang tadi tercium pada mobil yang jadi bahan praktik, langsung lenyap seiring dengan wangi klorin yang sedikit demi sedikit menghilang.

Cleverin seharga Rp 165 ribu ini tersedia di bengkel-bengkel resmi AC mobil milik DENSO. Tapi, “Cleverin ini tidak dijual bebas. Kita hanya menjual cartridge-nya saja, tidak jual generator Cleverin-nya. Jadi, pengerjaan hanya dapat dilakukan di jaringan resmi bengkel AC DENSO,” tambah Reinard yang menyaranka­n aplikasi 6 bulan sekali untuk Cleverin ini.

Menurut Susanto, pentolan bengkel AC Coolkars, Gading Serpong, Tangerang, “Ada baiknya siklus sehat Denso dilakukan lengkap, yakni Cleverin, Green Filter dan Plasmaclus­ter,” jelasnya.

Ditambahka­nnya lagi, “Tiga produk itu berfungsi hilangkan virus, mencegah dan menjaga agar tetap bersih dan sehat,” tutupnya.

 ?? RENDY ?? COOLKARS DENSO - (021) 2901-4725
RENDY COOLKARS DENSO - (021) 2901-4725

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia