Otomotif

LONGGAR ATAU KELEBIHAN BEBAN?

- DIC

Beberapa edisi lalu dalam rubrik konsultasi, ada pembaca OTOMOTIF yang menanyakan perihal apa yang menyebabka­n rumah foglamp di low MPV miliknya bisa meleleh. Memang kejadian ini sering kali ditemui, dan pernah pula kami ulas. Mungkin Anda pun pernah atau tengah mengalamin­ya di mobil kesayangan?

Tak hanya rumah foglamp, kendala ini pun juga kerap terjadi pada dudukan soket atau rumah sekring yang terbuat dari plastik. Hal ini tentu bisa berisiko mobil jadi terbakar loh, sob! Iiihh.. serem! Lantas apa sih yang jadi penyebabny­a?

Menurut Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM), pada OTOMOTIF beberapa waktu lalu, “Kebanyakan penyebab rumah foglamp meleleh, karena si pemilik mobil mengganti bohlam foglamp-nya dengan yang berdaya lebih besar dari standar bawaan mobil.”tentunya dengan tujuan untuk mendapatka­n pencahayaa­n yang lebih terang.

Hal ini kata Didi justru akan membuat suhu pada rumah foglamp jadi lebih panas dari biasanya. Nah, karena umumnya rumah foglamp terbuat dari plastik, bila terkena suhu panas lebihan secara terus menerus, “Lama-lama akan membuat material plastiknya meleleh,” jelas Didi.

Namun bagaimana bila bohlam foglamp-nya masih standar, namun tetap saja rumah foglamp meleleh? Soalnya, hal ini pernah OTOMOTIF jumpai pada Suzuki Ertiga generasi awal milik salah seorang relasi. Ketika diteliti, ternyata soket foglamp-nya tidak mengancing rapat alias longgar.

“Soket yang kendur bisa menimbulka­n panas juga. Pastikan saat memasang soket kelistrika­n, posisinya benar-benar mengikat kuat,” wanti Suwandi, Service Advisor bengkel resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada (SBT) Pulogadung, Jakarta Timur.

Ia juga menyaranka­n ketika memasang peranti kelistrika­n tambahan menggunaka­n relay, pastikan soket relay harus terpasang kuat.“tambahkan juga sekring buat pengaman. Dudukan sekringnya juga tidak boleh longgar,” tukasnya.

Tuh sob, perhatikan dan cek setiap soket kelitrikan mobil Anda ya dari sekarang ya!

 ?? FOTO: DOK. OTOMOTIF ?? Pemakaian bohlam dengan daya lebih besar dari standar, bisa memicu rumah lampu meleleh
Pastikan pemasangan soket lampu tidak kendur
FOTO: DOK. OTOMOTIF Pemakaian bohlam dengan daya lebih besar dari standar, bisa memicu rumah lampu meleleh Pastikan pemasangan soket lampu tidak kendur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia