Otomotif

TERKENCANG DI SERI PERDANA

KAPASITAS MESIN MENJADI 127 CC

-

Awal tahun ini sudah ada beberapa balap yang digelar, salah satunya balap khusus Vespa, yaitu Vesparace 2020 yang dilaksanak­an di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jabar (8/3).

Salah satu kelas baru yang ramai adalah Zip 4T 130 cc Pemula, yang dimenangi oleh Sugiarto, yang membela A15 Racing Team dengan catatan waktu terbaik 1:03,983 menit.

Zip lansiran 2010 ini milik Eko Suryanto yang menyerahka­n motornya ke bengkel A15 Engineerin­g. “Tadinya cuma mau nemenin temen aja yang Zip-nya juga turun, tapi akhirnya malah keterusan, hahaha…” kekeh Eko.

Di A15 Engineerin­g kapasitas mesinnya ‘didongkrak’ menjadi 127 cc dengan beberapa ubahan, “Piston pakai BRT diameter 55,25 mm dengan dome 1,3 mm, perbanding­an kompresiny­a jadi 12,8:1. Kemudian naik stroke dari 49 mm jadi 53 mm pakai setang piston Yamaha Glide,” sahut Wibowo Bayu Aji dari A15 Engineerin­g yang ada di Cibubur Villa 1, Jatisampur­na, Bekasi.

Lanjut di bagian kepala silinder disematkan noken as custom dikombinas­i per klep asal Amerika yaitu Kibblewhit­e. “Klepnya pakai BRT diameter 29 mm untuk in dan 24 mm buat ex dengan sitting klep beryllium cooper. Bisa sih pakai lebih besar dari itu, tapi coakan sisi klepnya udah gak cukup, harus besarin diameter piston,” sambung Bewok, panggilan nyohornya.

Sementara karburator diganti PWK 28 mm untuk ‘memperkaya’ asupan udara ke ruang bakar.

Agar mesin kuat digeber hingga finish, pendingina­n ditambah memakai oil cooler milik Suzuki Satria F150, “Ngambil jalur olinya dari jalur oli standar, cuma sedikit diubah dari permainan di paking blok bawah aja,” tambahnya.

Pengapian ikut di-upgrade menggunaka­n CDI BRT Super Pro, “Magnetnya tetap standar, cuma ubah pick up aja. Magnet sedikit dientengin, kurang lebih jadi 485 mm,” tunjuk Bewok.

Di bagian kaki-kaki Zip ini

menggunaka­n pelek depan aluminium CNC berlabel Polini, yang konon harganya mencapai Rp 13 juta, wow! “Lalu fork depan pakai Zip SP dan pakai sok Scarlet Racing dengan lowering kit, agar bagian depan lebih pendek dan stabil,” tutupnya.

Mantap, semoga bisa konsisten di setiap serinya bro! •

 ?? FOTO: FARIZ ?? ngumpet di balik bodi yang dilubangi untuk membantu pendingina­n mesin
Magnet ubah pick up dan bobotnya sedikit diringanka­n
FOTO: FARIZ ngumpet di balik bodi yang dilubangi untuk membantu pendingina­n mesin Magnet ubah pick up dan bobotnya sedikit diringanka­n
 ??  ?? Karburator PWK 28 mm memberi asupan udara lebih banyak pada ruang bakar
Karburator PWK 28 mm memberi asupan udara lebih banyak pada ruang bakar
 ??  ?? Oil cooler custom
Oil cooler custom
 ??  ?? Suspensi Scarlet Racing membantu kestabilan Zip yang digeber Sugiarto
Suspensi Scarlet Racing membantu kestabilan Zip yang digeber Sugiarto
 ??  ?? Pengapian dimaksimal­kan dengan CDI BRT Super Pro
Pengapian dimaksimal­kan dengan CDI BRT Super Pro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia